​Ganti Ban Scoopy Lama Dengan Ban Ring 12″ Milik All New Scoopy Tahun 2017




Bro sekalian, saat awal kemunculan All New Scoopy Ring 12” maret lalu, angan-angan yang terlintas di benak admin tentunya adalah coba mengadopsi ban gambot ring 12” tersebut untuk di pasang pada Scoopy eSP lansiran tahun 2014 kepunyaan admin yang  dari lahir dibekali roda dengan lingkar jari-jari 14”.

Pertanyaan admin kala itu, apakah bisa?? Mengingat ukuran velg dan ban keduanya berbeda jauh. Terlebih admin makin pesimis ketika membaca penuturan Pak Edi, selaku Divisi teknis AHM yang di lansir lek IWB di laman blognya 30/03/17.

“Nggak bisa mz. Karena ban dan pelk lebih lebar maka triple clamp new Scoopy juga disesuaikan. Sekarang jarak antar tabung garpu lebih lebar. Kalau diukur yang versi new ini lebaran dibanding old. Artinya kalau dipaksa pasti akan gesekan. Lalu beda triple clamp juga membuat as tengah beda. Belum lagi ban belakang sebab dalam desain dan pembuatan kita harus ukur ulang agar ban besar new Scoopy masuk“

Apakah ban Scoopy lawas bisa diganti ring 12 inch??. Berikut jawabannya…

Namun, rasa pesimis dan penasaran admin terobati saat libur lebaran beberapa waktu lalu. Pasalnya, admin mendapat kesempatan / iseng untuk mengganti Ban Scoopy lama admin dengan ban Ring 12” milik All New Scoopy tahun 2017.

Nah,. Bagaimana hasilnya?? Silahkan baca lebih lanjut,. Tulisan di bawah ini

Modal utamanya, tentu ban ring 12” milik All New Scoopy tahun 2017. Kebetulan admin punya teman yang baik hati dan sudi motornya di pretelin. Hehehe

Selanjutnya, tentu honda scoopy lama milik admin lansiran tahun 2014. Nah, untuk proses bongkar-pasangnya admin tidak usah jabarin di sini, karena secara garis besar sama dengan melepas roda motor matik pada umumnya.

Karena proses bongkar pasangnya admin skip, maka langsung ke hasil pemasangannya.

RODA BELAKANG

Untuk Roda Belakang, tidak benar jika di katakan ban ring 12” milik All New Scoopy tahun 2017 tidak bisa di pasang di scoopy lama.

Admin sudah membuktikan sendiri, roda keduanya bisa saling tukar dan PNP, ukuran as, alur dan  mur pengunci kedua sama. Hasilnya, bro sekalian bisa melihat gambar berikut ini.

Aman, sama sekali tidak ada bagian yang bersentuhan dengan ban. Tentunya, tampilan scoopy lama admin makin sexy,.

RODA DEPAN

Untuk Roda Depan, memang benar jika dikatakan ban ring 12” milik All New Scoopy tahun 2017 tidak bisa di pasang di scoopy lama secara PNP. Karena, lebar dari triple clamp keduanya memang berbeda.

Saat admin coba pasang, memang terjadi gesekan antara ban dengan tabung suspensi, itupun admin pasang tanpa bushing kanan maupun kiri.

Kendati demikian, bukan berarti sama sekali tidak bisa dipasang,. Jawabnya bisa, namun harus menyesuaikan 2 hal berikut :

  1. Bushing kanan maupun kiri harus di pangkas dengan ukuran yang disesuaikan agar roda bisa tepat di tengah.
  2. Dudukan cakram harus di pangkas, menyesuaikan kaliper rem. Jika tidak dipangkas di jamin piringan cakram akan bergesekan dengan tabung suspensi dan kaliper cakram tidak bisa di pasang.

Nah, cukup perhatikan 2 hal tersebut agar ban depan ring 12” milik All New Scoopy tahun 2017 bisa di pasang di scoopy lama. Untuk hasil maksimal dan presisi, saran admin sih harus di bawa ke tukang bubut untuk pengerjaannya.

Last, terjawab sudah teka-teki ban gambot ring 12” milik All New Scoopy tahun 2017 , apakah bisa di pasang di scoopy lama.

Advertisements

11 Comments

Leave a Reply