Advertisements

Mengganti AKI Honda Beat Karbu

IMG_1181Bikershoot.com –  Selamat sore bro-sist sekalian, gimana nih kabarnya? semoga sehat selalu. Amien,..

Setelah seharian kemarin nggak ngintip blog, biasa lagi nggak menemukan inspirasi untuk menulis. Kali ini BS mau cerita sedikit tentang cara mengganti AKI Honda Beat Karbu, Motor ini kepunyaan adik yang sudah beberapa hari terbengkalai nggak dipakai karena akinya soak. biasa anak jaman sekarang paling males kalau harus hidupin motor matik pake kick starter manual. BS yakin bro-sist sekalian sudah pada tahu cara gantinya, tapi nggak papa lah BS ikut bercerita lagi.

Langsung dah mulai operasinya. Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah cukup simple.

IMG_1183Obeng (+) toolkit bawaan standart motor, Oke,… amunisi sudah siap, langsung buka jok Honda Beat cari letak aki.

IMG_1184Karena kebetulan nggak ada penguncinya langsung aja angkat penutupnya, maka kelihatan aki beserta kabel-kabelnya

IMG_1185Setelah itu eksekusi selanjutnya, lepas kabel aki menggunakan obeng (+) tadi, putar ke arah kiri sampai terlepas. Metode yang BS pakai adalah melepas kabel kutup positif (+) terlebih dahulu, kemudian baru melepas kabel kutup negatif (-). Setelah semua kabel terlepas angkat aki dari dudukannya kemudian pasang aki yang baru.

IMG_1186
Melepas Kabel Kutup Positif (+) Aki
IMG_1187
Melepas Kabel Kutup Negatif (-) Aki
IMG_1189
Pasang Aki Baru di Dudukan Aki Honda Beat

Aki yang BS gunakan bukan aki original Honda Beat, you know lah harga aki original kurang bersahabat bagi BS sekitar 227K. Atas saran beberapa teman akhirnya BS menggunakan Aki MOTOBATT yang katanya aki untuk keperluan racing dengan durability lebih lama namun dengan harga yang relatif hemat dibandingkan aki original, cukup 195K untuk menebus aki tersebut.

NExt, setelah aki terpasang di dudukan aki, pasang kembali kabel ke masing-masing kutup aki, pasang kabel kutup positif (+) terlebih dahulu, kemudian baru pasang kabel kutup negatif (-). Ingat kabel  tidak boleh terbalik dan pastikan jangan sampai ada yang longgar. Jika yakin sudah benar, hal terakhir yang harus dilakukan adalah pasang kembali tutup akinya.

IMG_1190
Memasang Kabel Kutup Positif (+) Aki
IMG_1191
Memasang Kabel Kutup Negatif (-) Aki
IMG_1192
Pastikan Kabel Terpasang dengan Benar dan Tidak Longgar
IMG_1193
Pasang Kembali Penutup Aki

Setelah semuanya terpasang, hidupkan motor dengan Kick Starter manual terlebih dahulu. Loh Kenapa, kan akinya baru?? nah tujuannya adalah agar aki nggak kaget karena melepaskan daya yang tiba-tiba ke motor starter, ini dimaksudkan agar umur aki bisa  lebih awet (IMHO) truss Ajak muter-muter si embeat, biar aki terisi juga.

Serangkaian proses telah dijalani, sekarang  Honda Beat sudah bisa jalan-jalan dan hidupinnya nggak perlu kick starter manual lagi. langsung pencet tombol Elektrik Starter, beat sudah ecek gueeeng dan wussssss,..

Sekian, semoga bermanfaat…

Posted by Bikershoot.com
Contact me:
Email: bikershoot@gmail.com
Twitter: @marnutriono
Facebook: Mas noenoe Kediri
My Blog : http://bikershoot.com

Advertisements
No Comments

Leave a Reply