STNK Pajak Mati Bisa Kena Tilang Broo,. Nggak Percaya?? ini buktinya,..

Courtesy of Google

MotorEdan.com – Mas bro dan mbak sist sekalian,. di artikel pertama ini , sab (semut aspal blog) mau berbagi fakta unik tentang stnk motor yang mati pajak. Fakta hukumnya motor yang mati pajak bisa juga ditilang polisi broo,.Koq bisa?? woles mas broo jangan emosi dulu. Mengingat motor yang digunakan sab juga mati pajak, monggo kita simak dulu landasan hukumnya,.

  1. STNK harus disahkan dan diperbarui setiap 1 tahun sekali.STNK ini berlaku selama 5 (lima) tahun dan setiap tahunnya harus dimintakan pengesahan (Pasal 70 ayat [2] UU LLAJ).
  2.  Jika pemilik kendaraan bermotor tidak melakukan registrasi ulang atau memperpanjang masa berlaku STNK sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun. Polisi berhak menghapus kendaraan tersebut dari daftar registrasi dan identifikasi yang bisa berakibat kendaraan bermotor tersebut tidak dapat diregistrasi kembali (Pasal 74 ayat [3] UU LLAJ).
  3. Sebagaimana yang diatur Surat Keputusan No. Pol.: SKEP/443/IV/1998 tentang Buku Petunjuk Teknis tentang Penggunaan Blanko Tilang bagian Pendahuluan No. 4 huruf a ayat (2) mengenai pelanggaran lalu lintas jalan tertentu dijelaskan bahwa sesuai penjelasan Pasal 211 KUHAP
    mengemudikan kendaraan bermotor yang tidak dapat memperlihatkan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Tanda Uji Kendaraan (STUK), yang sah atau tanda bukti lainnya yang diwajibkan menurut ketentuan perundang-undangan lalu lintas jalan atau ia dapat memperlihatkan tetapi masa berlakunya sudah kadaluwarsa dapat digolongkan dengan Pelanggaran Lalu Lintas Jalan Tertentu

Sudah jelas mas bro dan mbak sist sekalian?? itulah alasan kuat kenapa polisi berhak menilang kendaraan bermotor yang stnk pajaknya mati. Jadi jangan percaya dech jika ada bilang motor mati pajak nggak bakalan kena tilang.

Namun paradigma masyarakat pada umumnya memang demikian, masih banyak yang ngeyel enggan dtilang karena merasa polisi tidak punya wewenang dalam urusan pajak kendaraan. Namun faktanya polisi juga punya wewenang untuk melakukan tindakan tilang pada kendaraan bermotor yang stnk-nya tidak diperbarui dalam tahun berjalan.

Jadi demi keamanan dan kenyamanan lebih baik pajak stnk diperbarui tiap tahunnya mas bro dan mbak sist,. orang bijak kan taat membayar pajak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s