Advertisements

Tips Jitu Agar Mudik Naik Motor Makin Aman & Nyaman

mudikniyAssalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi mas bro dan mbak sist sekalian,. Apa kabar?? Lagi pada OTW mudik yak??

Mudik sudah jadi rutinitas setiap menjelang lebaran, khususnya mas bro dan mbak sist sekalian yang lagi pada merantau,. Kalau yang kerjanya deket rumah tentunya nggak bisa merasakan tradisi mudik,. Mau mudik kemana coba?? Lha wong deket aja.

Dari tahun ke tahun mudik menggunakan sepeda motor masih jadi primadona atau pilihan masyarakat pada umumnya. Selain hemat biaya, mudik dengan sepeda motor dianggap bisa mempersingkat waktu tempuh. Selain mudah membelah kemacetan jalanan, sepeda motor cukup bisa diandalkan kala menyusuri jalan-jalan tikus agar cepat sampai tujuan.

Dengan segala kelebihan yang ditawarkan jika mudik dengan sepeda motor tentunya ada kelemahanny juga bro-sist,. Mudik munggunakan sepeda motor terlalu riskan jika harus membawa barang bawaan yang terlalu banyak. Jika sudah begini disarankan menggunakan kendaraan umum saja saat mudik.

Namun, jika mas bro dan mbak sist sekalian masih suka mudik dengan sepeda motor dan bawaan tidak terlalu banyak tidak ada salahnya mengikuti tips berikut ini, biar mudik makin aman dan nyaman,

Sebelum Berkendara

  1. Pastikan kondisi badan sehat, lakukan pemanasan fisik dan persiapan mental serta emosi
  2. Gunakan safety gear yang memadai seperti helm full/half face SNI, sarung tangan, sepatu, jaket yang melindungi seluruh badan dan berwarna cerah. Kalau ada gunakan warna senada antara helm, jaket dan sepeda motor. Tidak lupa siapkan juga jas hujan dan pelindung sepatu untuk jaga-jaga bila nanti hujan.
  3. Persiapkan surat-surat kendaran (STNK), SIM serta KTP.
  4. Siapkan perlengkapan atau toolkit pada kendaraan seperti kunci pas, busi cadangan, tang, obeng min/plus, dan peta mudik biar nggak nyasar.
  5. Lakukan pemeriksaan pada kendaraan sebelum memulai perjalanan mudik. pastikan kendaraan sehat wal’afiat diantaranya pemeriksaan tekangan angin dan keausan patern ban, jarak bebas dan pelumasan rantai roda, kebocoran oli dan kabel busi mesin, ketinggian minyak rem dan ketebalan kampas rem, jarak bebas kopling dan kelayakan kabel kopling dan tidak lupa periksa semua lampu kendaraan, klakson serta kaca spion.

Saat Berkendara

  1. Jaga kondisi badan dan konsentrasi, jika kelelahan istirahat secara berkala.
  2. Untuk keamanan dan kenyamanan, berboncengan hanya dengan 1 orang saja dan hindari membawa barang berlebih.
  3. Jangan menerima telefon saat berkendara, Jika diharuskan menerima telefon dan membuka pesan singkat sebaiknya menepi dan berhenti terlebih dahulu.
  4. Lakukan perjalanan siang, bila malam perhatikan kondisi badan harus prima dan pastikan lampu menyala agar terlihat pengendara lain.
  5. Saat berkendara perhatikan jarak dengan kendaraan lain di depan dan samping kanan-kiri, hindari berbincang dengan pengendara lain.
  6. Hindari jalan rusak dan bergelombang, bila terpaksa kurangi kecepatan dan berkedaralah dengan hati-hati.
  7. Patuhilah rambu lalu lintasdemi kelancaran dan kenyamanan berkendara.
  8. Jangan lupa berdo’a sebelum melakukan perjalanan agar di lindungi Tuhan Yang Maha Esa.

Itulah tips jitu agar mudik naik motor makin aman dan nyaman bro-sist,. sekian dulu yak, semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply