(DIY) Cara Menyetel Sorot Lampu Depan New Vario 125 & New Vario 150 Jilid II

 

02632-img_6460

Assalamualaikum bro-sist sekalian,. apa kabar? semoga selalu sehat walafiat. Aamiin,. Bro-sist jauh sebelumnya warungbiker pernah share gimana cara menyetel sorot lampu depan new vario 125 maupun new  vario 150 yang sudah dibekali bulb LED. untuk mengingat kembali mangga klik (disini).

Menyoal hal tersebut, ternyata masih banyak bro-sist sekalian khususnya pembaca warung bikershoot.com yang belum paham benar cara melakukannya. Kendala umum yang ditemui adalah sulitnya menemukan kepala baut setelan yang model kepala bautnya bergerigi. Oleh karena ini kali ini bs mau share cara lainnya untuk menyetel sorot lampu depan vario 125 maupun vario 150. Namun untuk kali ini kudu agak ribet dikit bro-sist, karena musti bongkar-bongkar sikit. tapi bs jamin bro-sist sekalian pasti bisa melakuknanya dengan mudah.

Ok,. langsung saja,. alat yang musti disiapkan adalah sebagai berikut :

  • Kunci pas 10
  • obeng plus (+)

alat untuk  menyetel lampu depan vario 150

Setelah alat siap,. langsung eksekusi dah,. pertama kita harus membuka bagian cover depan,. jika mas bro dan mbak sist belum tahu,. itu lho,. cover yang ada dudukan plat nomornya. cari dibagian belakang skrup kecil, kemudian buka dengan obeng plus yang telah kita sediakan sebelumnya,. putar ke arah kiri,. untuk lebih jelasnya simak gambar berikut ini.

cara-menyetel-lampu-depan-vario-150-pict-2

cara menyetel lampu depan vario 150 pict 3

Jika kedua skrup sudah terlepas,. mangga lanjutkan ke tahap selanjutnya,. yakni melepas covernya dengan cara tarik ke atas,. ingat mas bro dan mbak sist,. tariknya agak keras ya,. wess ndak usah naggung,. dijamin nggak bakalan pecah kq,. posisinya seperti gambar berikut..

cara menyetel lampu depan vario 150 pict 4

cara menyetel lampu depan vario 150 pict 5

Setelah cover terlepas, cari kepala baut setelannya bro-sist,. untuk penampakannya,. monggo simak gambar terlampir berikut ini,.

cara menyetel lampu depan vario 150 pict 6

Jika sudah ketemu, tinggal kita setel ketinggian sorot lampu dengan memutar kekanan atau ke kiri baut setelan tersebut. Jangan lupa, gunakan kuci pas ukuran 10 yang sudah kita siapkan sebelumnya. Oh iya,. saat menyetel ketinggian, lampu harus keadaan nyala ya bro-sist,. Sesuai posisi gambar, jika diputar ke arah kiri maka soro lampu akan naik, jika diputar ke arah kanan maka sorot lampu akan turun.

cara-menyetel-lampu-depan-vario-150-pict-7

 

Jika sudah selesai, maka kembalikan atau tutup kembali cover tersebut,. caranya kebalikan dari cara melepas tadi bro-sist,. posisikan cover pada tempatnya,. pastikan nok cover tepat pada lubang kemudian tekan. Setelah itu pasang kembali skrupnya dan putar ke arah kanan menggunakan obeng untuk mengencangkan dan selamat, mas bro dan mbak sist telah berhasil,. yip-yip,. hura,..

Nah, itu tips singkat cara menyetel sorot lampu new vario 150 dan new vario 150. semoga bermanfaat,.

 

Iklan

36 thoughts on “(DIY) Cara Menyetel Sorot Lampu Depan New Vario 125 & New Vario 150 Jilid II

  1. mansarPost

    link artikel jilid 1 nya nggak muncul kang..

    btw tutorialnya lengkap kang, sangat bermanfaat.. 😀

    curhat : vario 150 punya temen ane knalpotnya kemasukan batu kerikil (agak besar), bingungnya tuh kerikil nggak bisa keluar, jadi setiap puntir gas ada tambahan bunyi klunting-klunting di dalem knalpot..

    Suka

    Balas
    1. admin bikershoot.com Penulis Tulisan

      ganti lampu gimana mas?? untuk vario 150 maupun vario 125 lampunya kan model LED, dan jika terjadi kerusakan atau mati gantinya satu unit,. ini kelemahan utama motor yang pakai lampuLED,. namun kalau untuk melepas cover utama lampu depan nanti coba ta buatkan mas,.

      Suka

      Balas
  2. arie

    Bro ane mw tanya,klo nyetel lampu tnpa melepas cover alias muter crup dgn obeng plus yg ad d bwh cover, apakah lampu sbelah kanan n kiri berbeda..?? Apakah klo kita putar yg kiri otomatis yg kanan mengikuti…soalnya vario ane kyana lampu led dpn kayana agak miring..mhon info nya bro..thankz

    Suka

    Balas
    1. bikershoot Penulis Tulisan

      itu satu setelan buat lampu kanan kiri om, jadi nggak ada setelan lampu hanya buat sebelah aja,. kalau pancaran cahaya miring ada baiknya di lepas dari covernya,. ada kemungkinan miring saat pemasangan dari pabrik

      Suka

      Balas
  3. arbianto

    Mantap info na kang
    Oh ya Gan cara buka lamp belakang vario 150 gmn ya mohon pencerahanya
    Soalnya motor ane dah mati lampu kota belakang

    Suka

    Balas
  4. Agus

    om mau tanya *gapaham soal motor nih* kalo buat old vario 125 Pgm FI cara untuk menurunkan sorot lampu depan, diputar ke kanan atau ke kiri? oh ya cahaya lampu vario saya sudah tidak terang lagi. baiknya di ganti atau ada solusi lain om?
    trimakasih, mohon pencerahannya 😀

    Suka

    Balas
  5. Anak medan

    Om’ kenapa ya kasus lampu senja dan lampu rem sering putus di vario 150 dan 125 LED. Saya perhatikan di jalanan banyak sekali lampu sepeda motor pengendara lain yang pada mati.. Mohon info dong penyebab nya apa saja.. Terima kasih..

    Suka

    Balas
  6. crayonadam

    Wah kelaman tuh, pdhal dari bawah bisa. Carene gni gan, stang motor d posisikan miring k kanan.intip dari bawah roda depan k dalam atas ada gerigi kecil, nah tinggal d putar pkevobeng + . kiri ato kanan bebas hasilnya sorot lmpu naik/ turun.

    Suka

    Balas
  7. wedha

    Gan mau tanya kalau seumpama lampu sein depan diganti dengan lampu tembak yang led cree, kira kira apa bisa gan , soalnya yang lampu dim vario 150 yang bawah kurang tajam

    Suka

    Balas
    1. Noe Penulis Tulisan

      yang lampu sein atau yang lampu jauh om?? kalau yang lampu sein kayaknya kq ndak muat ruangnya kalau di kasih Cree,. kalau yang mapu jauh sepertinya bisa masuk,. cuman mesti retrofit

      Suka

      Balas
  8. Irwan

    Lampu Utama Led depan punya saya ngak terang om, seperti menguning gitu, klw di cocokin di jln kalah punya saya soal terangnya sama vario punya kawan, jadi niatnya mau ganti Led nya, bisa tdk om? Dan bgaimana caranya?

    Suka

    Balas
    1. Warung Biker Penulis Tulisan

      kalau mau diganti bisa saja om,. namun saya sarankan jangan di kerjakan sendiri,. bawa aja ke tukang spesialis retrofit lampu motor khususnya yang juga paham elektro,. pasalnya musti ada tindakan solder-menyoder om,.

      Suka

      Balas
  9. Ra Den

    WARNING…
    Contoh di vario 150… KALAU sesuai posisi gambar, yaitu kita di depan motor…
    MAKA, ke KANAN (arah kunci pas ke arah tangan kanan) realnya utk MENURUNKAN sorot LAMPU…
    Kalau ke KIRI, utk MENAIKKAN sorot LAMPU…
    JADI… Lihat pergerakan sorot lampu…naik apa turun…
    (Di artikel ini… Kanan kiri itu ternyata posisi si body motor, artinya sesuai saat kita menaikinya )

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s