MT-15, Lebih Rasional Jika Yamaha Masih Pakai Mesin SOHC




Assalamualaikum Wr. Wb. mas bro dan mbak sist sekalian.. sebenarnya kmt mencoba menahan diri untuk tidak ikut-ikutan membahas Spyshot yang dirumorkan adalah produk yamaha yang akan ada guna menahan laju all new CB150R, yang sementara ini masih disebut MT-15. Namun apa daya, godaan untuk beropini akhirnya menuntun kmt untuk rilis artikel ini.

Menganut desain motor naked sport, dibekali dengan swing arm banana, ban gambot dan Rangka deltabox. Secara visual mirip Yamaha R15 yang ditelanjangi. Namun menjadi point lebihnya adalah disematkannya front fork USD atau up side down.

Tentu jika naked sport Yamaha yang digadang-gadang berlabel MT-15 benar-benar mengaspal ditanah air tentu akan jadi ancaman serius untuk Honda All new CB150R. Desain yang bisa dibilang out the box dengan rangka pendek tentu jadi nilai lebih MT-15 untuk menghadang laju All new CB150R. Sampean semua pasti pada tahu., motor model begini jadi impian sebagian besar anak muda negara kita.. nggak percaya?? noh lihat dah.. gimana aliran modif yang sering wara-wiri di jalan., motor nungging.. setir lebar dan lampu depan nunduk habis.

Namun.. dibalik kelebihan tersebut tersiar kabar bahwa engine yang dianut masih SOHC. tentunya engine turunan Vixion yang dipakai dengan penyesuaian sedikit untuk jabanin engine all new CB150R atau bisa jadi dicangkokan engine R15 yang sudah menganut transmisi 6 speed.

Jika benar masih menganut engine SOHC tentu all new CB150R masih bisa bernafas lega., all new CB150R masih bisa bertarung di segmen naked sport 150 cc. Pasalnya konsumen sekarang sudah melek teknologi dan tahu persis, engine DOHC lebih superior dibanding engine SOHC.

Yamaha lebih rasional mengunakan mesin SOHC turunan vixion maupun R15 untuk MT-15,. Alasanya simple bro-sist.. durabilitas engine yang sudah terbukti, meski kasus ngebul pada vixion muncul toh engine SOHC masih diterima oleh konsumen.. Daripada memaksakan mengembangkan engine DOHC yang tentunya memakan banyak waktu dan biaya., belum lagi Yamaha belum punya basis engine DOHC yang seukuran 150 cc di varian lain. Lagi-lagi durabilitas akan dipertanyakan. Tentunya kurang efisien jika dituntut cepat melahirkan MT-15, mengingat all new CB150R sedikit banyak sudah memberikan ancaman pada kelangsungan Vixion.

Bandingkan dengan Engine DOHC honda, yang secara pengalaman tentunya lebih dibanding Yamaha.. setidaknya engine DOHC nya sudah terbukti durabilitasnya. Lah., kan engine pada all CB150R dan Sonic 150R baru om?? iya., memang baru.. tapi misal kmt bilang, engine pada all new CB150R dan Sonic 150R sudah diuji jalan setahun lamanya pada percaya nggak?? Kq bisa?? Kan, selama ini nggak ada spyshot kedua produk tersebut diuji jalan?? misal kmt bilang lagi… apa sampean semua ngerti, kalau old CB150R yang wara-wiri dijalan raya salah satu, atau beberapa, atau bisa jadi puluhan di cangkokin engine baru tersebut?? simplenya., orang beranggapan itu hanya old CB150R biasa.

Nah.. kita tunggu saja Kiprah Yamaha MT-15 dan strategi apa yang akan dilakukan Honda untuk fight di segment naked sport 150 cc nantinya.. sementara itu.. di resapi dulu infonya mas bro dan mbak sist.,

Advertisements

9 Comments

  1. Bandingkan dengan Engine DOHC honda, yang secara pengalaman tentunya lebih dibanding Yamaha.. setidaknya engine DOHC nya sudah terbukti durabilitasnya !!

    Lebih kok blom 2 tahun disuntik mati ??

    ngebul ? ah tergantung perawatan

    Dohc honda new CB vs NVA bedanya 0,1 detik ?
    6speed pdhal !!

    MT15 cuku SOHC + VVA !!
    Gw jamin tepar itu NewCB/CBR

  2. Yamaha dari dulu berpendapat u/ mesin 150cc harian dengan konfigurasi DOHC itu tidak efektif atau malah redundant. menurut saya ini mendidik masyarakat untuk paham teknologi tepat guna.. bravo yamaha. berpegang teguh pada prinsip…meski dengan ancaman menurunnya market share.

    untuk kompetitor bravo juga buat all-out nya untuk pemberian teknologi bagi konsumen.. menunjukan mendengarkan “bisikan pasar”. tapi kalo bisa teknologi DOHC yang diberikan benar-benar menunjukan performa yang jauh berbeda.. sampai saat ini.. masih bisa dibilang berimbang.. karena ada kalanya dohc 150 menang, ada kalanya kalah.

Leave a Reply