Cara Mudah Memeriksa Cairan Pendingin Honda Sonic 150R

Resevoir Tank Honda New Sonic 150R

Bro-sist, terhitung seminggu sudah blog ngeblong tanpa artikel terbaru. Tidak dapat dipungkiri, kmt yang masih berstatus karyawan memang angin-anginan untuk selalu update artikel terbaru. Kmt yang sok sibuk dan menyibukan diri dengan seambrek kerjaan mau tidak mau harus mengesampingkan dulu urusan blogging. U know lah, kerjaan atau aktivitas di dunia nyata lebih penting dari pada di dunia maya. Lain cerita, kalau mungkin suatu saat nanti kmt jadi full time blogger, akan beda cerita sama prinsip. Jadi untuk saat ini dinamis dulu aja dech, mana yang lebih penting  ya di prioritaskan.

Ok,. Dari pada ngomong nglindur ngalor-ngidul tidak jelas. Pada kesempatan kali ini kmt akan bergagi tips motor yakni “Cara Mudah Memeriksa Cairan Pendingin Honda Sonic 150R”. Meski sudah ada di buku pedoman pemilik yang disertakan saat pembelian, yakin dah  bro-sist yang telah memboyong new Sonic sebagai tunggangan pilihan tentunya malah atau bahkan ogah untuk membaca buku pedoman pemilik atau bisa jadi sudah tidak tahu dimana buku pedoman pemilik  tersebut berada.

Kembali ke topik! Resevoir Tank pada new Sonic bisa disebut anti mainstream, jika pada umumnya reservoir tank berwarna putih susu sehingga memudahkan untuk melihat tinggi permukaan cairan pendingin atau yang disebut  coolant, maka berbeda dengan new sonic  yang menggunakan reservoir tank berwarna hitam gelap. Mungkin RnD AHM punya tujuan tersendiri kenapa reservoir tank berwarna gelap dipilih utnuk di aplikasikan pada new sonic.

Reservoir Tank berwarna gelap tentunya punya kendala tersendiri bagi kita yang ingin mengetahui tinggi permukaan cairan pendingin, khususnya orang yang awam atau orang yang tidak tahu sama sekali tentang seluk beluk kendaraan bermotor. Maka langkah yang harus dilakukan untuk memeriksa tinggi permukaan cairan pendingin atau coolant adalah sebagai berikut.

  • Letakkan sepeda motor pada permukaan yang keras dan rata, kemudian gunakan standart tengah agar motor dalam kondisi tegak.
  • Lepaskan tutup tangki cairan pendingin atau reservoir tank dengan memutar/puntir tutup kearah kiri kemudian bersihkan deep stick dengan kain lap hingga bersih.
  • Masukan tutup tangki cairan pendingin atau reservoir tank sampai menyentuh dudukannya, namun jangan di kencangkan. Kemudian angkat tutup tangki tersebut dan pastikan cairan coolant yang menempel pada deep stick berada  diantara batas terbawah dan batas teratas.

Deep Stick Resevoir Tank Honda New Sonic 150R

  • Jika tinggi permukaan cairan pendingin sudah sesuai maka kencangkan tutup tangki cairan pendingin tersebut dengan memutar/puntir kearah kanan, jika kurang namun tidak draktis maka tambahlah cairan pendingin atau coolant sesuai dengan pentunjuk buku pedoman yang dianjurkan. Namun, jika tinggi permukaan berkurang draktis atau bahkan tidak ada sama sekali maka ada baiknya new sonic bro-sist dibawa ke beres (bengkel resmi) terdekat untuk dilakukan pemeriksaan sehingga resiko kebocoran bisa diketahui sedini mungkin.

Last, itulah sedikit corat-coret yang bisa kmt bagi pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

 

Iklan

5 thoughts on “Cara Mudah Memeriksa Cairan Pendingin Honda Sonic 150R

    1. bikershoot Penulis Tulisan

      iya kang., karena warna tangki reservoir gelap alhasil deep stick wajib ada buat ngecek.. klw nggak ada wah.. bisa baper.,

      Suka

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s