Cara Mengganti Lampu Rem Vario 150 atau Vario 125 LED

Lampu Rem Vario 150 - Vario 125 LED

Bro-sist,. Berawal dari pertanyaan pengunjung warung pada kolom komentar,. Bagaimana Cara Mengganti Lampu Rem Vario 150 atau Vario 125 LED. Pada akhirnya, Alhamdulillah kmt masih diberi kesempatan untuk berbagi tutorial tersebut pada bro-sist sekalian.

Tak berlama-lama monggo siapkan dulu alatnya. Yang dibutuhkan hanya sebuah obeng dengan ujung mata (+). Jika sudah siap,. monggo eksekusi langsung saja.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepas sekrup pada rumah lampu nopol. kalau masih bingung,. itu low penutup tepat dibawah lampu rem, . tepat diatas plat nopol. jelasnya monggo simak gambar berikut ini.

Cara Mengganti Lampu Rem Vario 125 - Vario 150  (1)

Jika sekrup sudah terlepas, tarik perlahan rumah lampu nopol hinggal terlepas,. untuk lebih jelasnya simak gambar terlampir berikut ini,. terlampir juga gambar saat rumah lampu nopol tersebut sudah terlepas.

Cara Mengganti Lampu Rem Vario 125 - Vario 150  (2)

Cara Mengganti Lampu Rem Vario 125 - Vario 150  (3)

jika sudah terlepas silahkan intip kedalam atau gunakan jari untuk menemukan lokasi lampu rem, lampu kota dan lampu sein kanan serta kiri. Sebenarnya langkah tersulit adalah langkah ini,. pasalnya butuh kepiawaian jari tangan untuk melepas sekaligus memasang lampu rem, lampu kota dan lampu sein kanan serta kiri tersebut. Mungkin butuh latihan beberapa saat untuk membiasakan jari tangan dapat melakukan ini.

Cara Mengganti Lampu Rem Vario 125 - Vario 150  (4)

Jika sudah berhasil,. tarik lampu keluar,. silangkan bro-sist ganti lampu mana yang mati. atau ganti lampu variasi model LED jagung ya monggo kerso alias silahkan saja. untuk standart ukurannya, LAMPU REM VARIO 150 maupun VARIO 125 LED adalah 10W/12V berjumlah 2 biji sedangkan untuk LAMPU KOTA VARIO 150 maupun VARIO 125 LED adalah 5W/12V . Jelasnya monggo simak gambar terlampir berikut ini.

Cara Mengganti Lampu Rem Vario 125 - Vario 150  (5)

 

Oh iya,. kmt tambahkan sedikit,. saat memasang kembali hati-hati bro-sist,. perlahan saja,. pasalnya pernah ada kasus yang mana bohlam lampu lepas dan tertinggal didalam mika lampu. Alhasil mengganti lampu rem vario 150 maupun 125 led yang seharusnya simple jadi bongkar-bongkar body hanya untuk mengambil bohlam lampu yang tertinggal.

Sekian dulu bro-sist,. semoga bermanfaat,. jangan sungkan untuk bertanya, berbagi info ataupun menyampaikan uneg-unegnya di kolom komentar.

 

Iklan

40 thoughts on “Cara Mengganti Lampu Rem Vario 150 atau Vario 125 LED

  1. yudhasetyoprabowo

    Selamat pagi…
    Boleh bertanya kah? Bohlam lampu senja & rem HV150 saya ganti dengan LED Plasma T10 (model gepeng). Tapi kenapa kadang mati kadang hidup ya. Saya pikir LED nya yg mati, setelah saya copot ditest masih nyala.
    Apakah harus dikasih resistor? Tapi kalau resistor bukannya buat pembatas arus biar gak putus ya LED nya? Sedangkan ini sepertinya malah kurang arus jadi gak ngangkat…
    Terimakasih sebelum dan sesudahnya….

    Suka

    Balas
    1. @marnutriono Penulis Tulisan

      melihat spek yang ada pada LED Plasma T10 yakni dengan voltase 12 volt,. aki bawaan motor sudah bisa ngangkat mas,.

      Analisa saya sih,. kemungkinan di kaki lampu tersebut yang kurang nempel erat ke fiting mas,. coba kawat kecil di kaki lampu plasma T10 tersebut ditekuk agar sedikit lebih menonjol,.

      Suka

      Balas
  2. yusef

    buat lepas fitting lampu rem berhasil gan, 🙂
    kendalanya sya kesulitan buat lepas fitting lampu belakang (lampu senja…?) coz posisinya sedikit dalam, jari yang di pakai yang mana gan, buat ngorek2nya? (ngorek lubang lampu gan bukan lobang yang lain ya…. wkwkwk ), yang masuk cuma telunjuk ma jari tengah, tpi ternyata kurang kuat buat nyengkram n mutarnya.

    Suka

    Balas
    1. Warung Biker Penulis Tulisan

      Bisa aja om,. Dan kelistrikan lampu rem maupun kota sudah DC,. Namun hingga sekarang saya belum nemui model lampu kedip2 dengan socket T10,. Umumnya sih model lampu rem biasa,.

      Suka

      Balas
  3. doel

    Makasih om ilmunya, rencana mau praktek pas weekend. Led rem nya mau tak ganti dg led kedip. Doain sukses ya.
    Kayak ujian aja minta di doain.hehee

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s