Intip yuk, kelebihan dan kekurangan kem Suzuki All New Satria FU 150 Injeksi vs Honda New Sonic 150R.

 

ken Honda Sonic 150R

Bro-sist,. memasuki tahun 2016 genderang perang antara dua motor ayam jago beda pabrikan makin ramai saja. Yakni antara Suzuki All New Satria FU 150 Injeksi dengan Honda New Sonic 150R. Di atas kertas maupun dunia nyata, Honda New Sonic 150R harus mengakui ketangguhan dari Suzuki All New Satria FU 150 Injeksi baik secara power maupun top speed. Hal ini disampaikan banyak media dan blogger yang sudah mendapati test resmi  dan kmt ikut saja. Tak cukup sampai disitu saja, perang urat syaraf yang merambah spesifikasi teknis juga ramai hingga muncul istilah Real DOHC vs DOHC abal-abal.

Salah satu penunjang hingga munculnya istilah Real DOHC vs DOHC abal-abal adalah perbedaan penggunaan mekanisme klep dari kedua motor ayam jago tersebut. Jika Suzuki All New Satria FU 150 Injeksi menggunakan kem yang langsung mendorong klep maka pada Honda New Sonic 150R mengunakan kem yang mendorong klep dengan bantuan rocker arm. 

Kem-Honda-Sonic-dan-Satria-

Kedua mekanisme kem tersebut tentunya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan mekanisme yang di pakai Suzuki All New Satria FU 150 Injeksi adalah lebih ringan karena tidak dipengaruhi gesekan dan berat pelatuk atau rocker arm. Selain itu juga di lengkapi baut untuk gigi kemnya sehingga memudahkan menyetel durasi kem dengan cara menggeser.   Namun bukan tanpa kekurangan, bobot kem Suzuki All New Satria FU 150 lebih berat karena butuh tonjolan besar untuk lift atau bukaan klep tinggi.

Sedangkan mekanisme klep Honda New Sonic 150R punya kelebihan bobot kem yang lebih ringan karena di bantu rocker arm sehingga hanya dibutuhkan tonjolan kem kecil untuk mendapatkan lift atau bukaan klep yang tinggi. Namun kekerungan mekanisme ini adalah gaya gesek yang lebih besar karena di pengaruhi gesakan dan berat pelatuk atau rocker arm. Selain itu kekurangan lainnya adalah gigi kem pada Honda New Sonic 150R fixed atau menyatu dengan kem sehinga sulit diotak – atik jika ingin menyetel durasi kem namun bukan tidak bisa dilakukan, hanya saja butuh keteletian dan keahlian khusus.

Kedua mekanisme antar kem Suzuki All New Satria FU 150 Injeksi vs kem Honda New Sonic 150R punya kelebihan dan kekurangan masing-masing bro-sist,. jadi nggak usah pakai ribut antara Real DOHC vs DOHC abal-abal. Semoga mencerahkan,.

kem Honda Sonic 150R

 

Source : disini

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Artikel Baru dan tag , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Intip yuk, kelebihan dan kekurangan kem Suzuki All New Satria FU 150 Injeksi vs Honda New Sonic 150R.

  1. lamik gemini berkata:

    duhh..telat.. baru nyimak..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s