Advertisements

Opsi Race MotoGP Argentina 2016, Asli Mumet bro-sist,.

opsi race argentina 2016

Gelaran balap motoGP Argentina dalam rangka ronde 2 motoGP 2016 bisa dibilang gelaran balap paling riweh di awal musim 2016 ini. Sebagai mana kita ketahui bersama Michelin memberikan opsi ban baru dengan compoun Medium dan Hard pasca kejadian scott redding saat latihan bebas.

Namun dengan opsi ban baru tersebut bukannya menyelesaikan masalah bro-sist, melainkan timbul masalah baru yang biang keladinya adalah cuaca hujan yang mendera.

Latihan bebas tambahan yang sedianya akan dilakukan sebelum warm up urung dilakukan karena cuaca hujan, sehingga para rider kembali menggunakan ban alokasi sebelumnya saat trek basah. Opsi ban baru dari michelin gagal tayang jika kondisi basah, karena ban alokasi sebelumnya dirasa mampu mengarungi tiap lap saat balap nanti. Namun, karena cuaca dan kondisi  trek yang sulit ditebak maka Race Direction memberikan beberapa opsi saat race nanti.

  1. Jika balapan dimulai dengan kondisi  trek kering dan warm up lap sebelum race trek masih kering maka pembalap wajib mengunakan opsi ban baru dan balapan dilakukan selama 25 lap penuh. Flag to flag akan dilakukan jika di tengah jalannnya balapan trek berubah menjadi basah.
  2. Jika balapan dimulai dengan kondisi trek kering dan warm up lap sebelum race berubah menjadi trek basah maka pembalap dapat menggunakan salah satu ban slick belakang sesuai dengan alokasi ban sebelumnya untuk race argentina (opsi ban baru tidak dipakai). Namun, race akan dilakukan dengan metode flag to flag dengan jumlah lap yang dipangkas menjadi 20 lap saja. Pembalap wajib mengganti motor pada akhir lap 9,10 atau 11.
  3. Jika race dimulai dengan trek basah kemudian mengering maka race direction akan memutuskan apakah aman bagi pengendara untuk meneruskan race, jika dirasa kurang aman maka race akan dihentikan ditandai dengan RED FLAG dan race akan dilakukan Start ulang dengan starting grid sesuai posisi pembalap saat race berjalan 15 menit dan jumlah lap dipangkas menjadi 10 lap saja. Jika trek kemudian menjadi basah lagi saat race ini maka pembelap dapat mengganti motor dengan ban basah sesuka meraka.
  4. Jika balapan dimulai dengan trek basah dan tetap basah maka balapan akan dilakukan seperti biasa sebanyak 25 lap penuh dengan ban basah sesuai alokasi untuk race argentina (opsi ban baru tidak digunakan). Dalam kondisi ini ban intermediate boleh digunakan.

Bagaimana bro-sist?? Asli bikin mumet pembalap dan tim.

 

 

Advertisements
5 Comments

Leave a Reply