Valentino Rossi Alami Defisit Mesin & Poin




Valentino Rossi Alami Defisit Mesin & Poin

Bro-sist,. 5 Juni 2016 gelaran balap MotoGP 2016 memasuki ronde 7 yang berlangsung di sirkuit Catalunya Barcelona Spanyol,. Jelang ronde 7  tersebut, tim Yamaha Movistar harus mulai hitung-hitung serta atur strategi penggunaan sisa kuota mesin yang ada guna mengarungi sisa 12 seri balapan.

Khususnya Valentino Rossi yang seri lalu di Sirkuit Mugello Italy mengalami pecah mesin yang membuatnya gagal menyelesaikan balap karena motornya mogok dan berasap sap sap,. Saat race sisa 14 lap. Rossi gagal memetik poin sehingga defisit poinnya untuk bersaing di klasemen cukup banyak, 37 poin dari pemimpin klasemen yakni Lorenzo  dan 27 poin dari Marquez di posisi ke-2 klasemen sementara. Parahnya lagi Rossi juga mengalami defisit jumlah mesin yang tersisa.

Itungan kasarnya, dari jatah mesin untuk 1 musim yakni 7 buah maka 1 unit mesin rata-rata digunakan untuk 2,5 seri (18 seri/7mesin). Karena tidak ada event yang hanya setengah maka 1 unit untuk 3 seri,. Penggunaannya di mix,. 1 seri langsung pakai 2 unit mesin yang mana mesin terbaik akan digunakan untuk race. Hingga seri Mugello Rossi sudah memakai 3 mesin, karena Rossi sudah kehilangan 1 unit mesin di seri lalu, jadi total 6 mesin untuk sisa 12 seri balapan yang mana 2 mesin sudah terbuka dan 4 mesin masih baru.

Tentunya defisit mesin yang dialami Rossi jadi masalah serius untuk mengejar defisit poin yang selisihnya sudah warungbiker sebutkan diatas. Meski Lorenzo mengalami hal sama mengenai defisit jumlah mesin karena juga kehilangan mesin saat warm up di seri mugello lalu, namun Lorenzo punya kelebihan jumlah Poin,. Lain halnya dengan Marquez yang punya difisit poin namun punya kelebihan kuota mesin,.

Jadi,. Sisa 12 seri berikutnya dipastikan tim Movistar Yamaha akan atur strategi penggunaan mesin,. Sebisa mungkin untuk menghindari jebolnya mesin,. Caranya bagaimana?? Ada tuh, bisa dengan membatasi RPM ataupun muntahan power yang dihasilkan dan ini sudah terlihat di mesin Lorenzo saat race lalu yang top speednya tidak lebih dari 340 kpj,. Sedangkan lainnya lebih dari itu.

Tinggal tunggu saja keseruan 12 seri berikutnya,. Karena hal yang dialami Rossi bisa terjadi juga pada pembalap lainnya,,.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply