Advertisements

Kerahkan “R Shop”, Yamaha siap Perbaiki 20.000 Unit R25 dan MT25 Yang Terkena Recall

Kerahkan “R Shop”, Yamaha siap Perbaiki 20.000 Unit R25 dan MT25 Yang Terkena Recall (1)

Warungbiker.com – Beberapa waktu lalu,. Menyusul tindakan Yamaha Jepang yang melakukan Recall produk R25 dan MT25 terkait masalah Pompa Oli, Gear Kopling dan Selang Rem, Yamaha indonesia juga melakukan tindakan serupa yakni turut melakukan Recall terhadap produk R25 dan MT25 yang jumlahnya tembus 20.000 unit yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sebagai gambaran, meski kebanyakan orang awam menyebutkan bahwa produk yang terkena Recall adalah produk gagal, namun sebenarnya tidak demikian. Recall sendiri adalah bentuk tanggung jawab dari produsen apabila produk yang telah diedarkan terjadi kegagalan fungsi. Sehingga produsen sudah semestinya melakukan hal tersebut untuk mejamin keselamat pemilik kendaraan.

Seperti yang dilansir laman Kompas, pada kasus yang dialami Yamaha R25 dan MT25, ada 3 komponen yang harus diperbaiki. 2 komponen terdapat pada R25 maupun  MT25 dan 1 komponen terdapat pada MT25 saja.

Kerahkan “R Shop”, Yamaha siap Perbaiki 20.000 Unit R25 dan MT25 Yang Terkena Recall (3)Bearing  (R25 dan MT25)

Pada produk ini, permasalahan yang dialami ada pada desain bearingpada tutup rumah kopling, di mana desainnya tidak cukup kuat untuk menahan beban saat pengoperasian kopling. Kemungkinan terburuknya, bearing bisa rusak dan sepeda motor akan terkndala ketika digunakan, seperti misalnya sulit memindahkan gigi tranmisi.

Perbaikannya, bearing dengan spesifikasi baru digunakan untuk mengganti yang lama. Di mana dimensi bearing lama yang berukuran 24 akan berubah menjadi ukuran 28.

Kerahkan “R Shop”, Yamaha siap Perbaiki 20.000 Unit R25 dan MT25 Yang Terkena Recall (2)Gear pompa oli (R25 dan MT25)

Sebenarnya yang bermasalah bukan pompa oli secara keseluruhan, tetapi hanya pada bagian gear oil pump-nya saja (roda gigi resin di oil pump). Kendalanya, komponen tersebut memiliki relief valve yang kurang tepat, sehingga menyebabkan tekanan oli tidak tersirkulasi dengan baik.

Kemungkinan terburuk dari masalah ini, gear pompa oli bisa pecah, dan menyebabkan pelumasan mesin terganggu. Perbaikannya yaitu dengan mengubah desain relief pada bagian pompa oli.

Kerahkan “R Shop”, Yamaha siap Perbaiki 20.000 Unit R25 dan MT25 Yang Terkena Recall (4)Selang Rem (Khusus MT 25)

Khusus MT 25, ada perbaikan yang sifatnya menambahkan, khususnya pada front brake house. Salah satu komponennya (selang rem) itu posisinya bergesekan dengan radiator, bisa jadi dikarenakan proses pemasangan melintir, sewaktu produksi.

Deskripsinya, posisi selang rem depan telalu dekat dengan radiator, dan ini bisa menyebabkan selang rusak karena tergesek dan bisa juga membuat fungsi pengereman terganggu.

Hingga saat ini,. tahapan recall sudah sampai pada finalisasi draft,. Komponen pengganti sudah didistrbusikan ke seluruh jaringan “R Shop”, namun masih sebatas jawa yang tersedia dan baru secara nasional terpenuhi pada 12 Juli 2016 nanti.

Jadi untuk saat ini,. bagi pemilik Yamaha R25 dan MT25 bisa terus memantau perkembangan ini melalui situs resmi Yamaha Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply