Advertisements

KTM : Direct Supply dan CKD

Warungbiker.com – Faktor yang menjadikan KTM bisa mematok harga murah karena adanya perubahan kebijakan distribusi. Sebagai hasil kolaborasi antara Bajaj dan KTM, untuk produksi produk baik Duke/RC under 400 cc dilakukan di India. Namun untuk aturan lama baik Duke maupun RC produksi India harus dikirim terlebih dahulu ke Austria untuk di kemas ulang baru kemudian didistribusikan ke negara tujuan importir salah satunya indonesia.

Jika dihitung-hitung tentunya akan ada pembekakan biaya distribusi yang nantinya akan dibebankan ke konsumen, ditambah lagi Indonesia tidak memiliki perjanjian dagang dengan Austria sehingga untuk bea masuk tidak dapat ditekan. Alhasil harga KTM Duke maupun RC saat kali pertama masuk ke indonesia menyentuh angka 70 jutaan, sangat jauh bila dibandingkan dengan harga di India yang hanya 20 jutaan.

Tahun 2016 ini, KTM akhirnya merubah kebijakan tersebut sehingga distribusi tidak dilakukan berputar-putar, melainkan direct supply atau dipasok langsung dari India ke Indonesia sehingga biaya distribusi bisa ditekan. Selain itu Indonesia punya perjanjian dagang dengan India sehingga bea masuk bisa ditekan seminimal mungkin. Alhasil harga KTM Duke maupun RC under 400 CC buatan India terkoreksi hingga 40%.

Saat ini Duke 200  dibandrol dengan harga Rp 33 juta, RC 200 Rp 37 juta, Duke 250 Rp 44 juta, RC 250 Rp 48 juta, dan RC 390 Rp 99 juta

Faktor lainnya adalah rencana KTM yang akan membangun pabrik perakitan di Indonesia. Saat ini baik KTM Duke maupun RC under 400 cc buatan India statusnya diimpor secara utuh (CBU), namun kedepan akan didatangkan secara terurai baru kemudian dirakit di Indonesia.

Meski pabrik baru berjalan efektif 2 tahun kedepan, strategi penyesuaian harga ini dilakukan agar nantinya tidak ada koreksi harga lagi saat status KTM Duke maupun RC under 400 CC sudah benar-benar CKD.

Jadi saat ini bisa dikatakan KTM benar-benar kerja bakti agar KTM Duke maupun RC under 400 CC bisa diserap pasar lebih luas.

Advertisements

Leave a Reply