​Aliansi Bisnis, Honda dan Yamaha Akan  Bikin Skuter dan Motor Listrik




Warungbiker.com – Bro-sist,. Mengejutkan jika mencermati perusahaan industri sepeda motor khususnya Honda dan Yamaha di negeri sakura jepang sana,. Bagaimana tidak mengejutkan,. Pasalnya,  Baru-baru ini Honda Motor Co, Ltd dan Yamaha Motor co, Ltd sepakat untuk memulai diskusi yang mengarah ke aliansi bisnis.

Jika sampean semua cermat, saat pabrikan dan “sebagian” fansboy tanah air baik dari kubu Honda maupun Yamaha saling sikut dan cakar-cakaran mengunggulkan produk masing-masing,. Justru hal berbeda di lakukan pabrikan Honda dan Yamaha jepang dimana meraka akan memulai memproduksi sepeda motor secara bersama.

Bisa dikatakan ini adalah kali pertama Aliansi bisnis Honda dan Yamaha untuk produksi kendaraan “Kategori Kelas-1” di pasar Jepang yang  telah menyusut dalam beberapa tahun terakhir.

Kedua belah pihak sepakat untuk menjalin kerjasama guna menghadapi berbagai tantangan yang mencakul standar keselamatan serta aturan emisi yang semakin ketat di masa mendatang.

Penasaran dengan rencana besar kedua  belah pihak?? Silahkan simak beberapa poinnya berikut ini, yang warungbiker kutip dari dapurpacu.

  1. Ditargetkan,.. Sebelum tahun 2018 Honda akan memasok skuter 50 cc yang dikembangkan berdasarkan Honda TACT dan Giorno  untuk dijual oleh Yamaha sebagai model Yamaha JOG dan Vino. Mudahnya,. Skuter tersebut diproduksi oleh Honda namun dijual oleh Yamaha dengan nama JOG dan Vino.
  2. Kerjasama untuk mengembangkan, produksi dan menjual model skuter 50 cc, yaitu Honda Benly dan Yamaha Gear. Jadi tidak menutup kemungkinan keduanya akan memiliki model yang sama namun  dengan nama yang berbeda.
  3. Kolaborasi keduanya diharapkan dapat mempopulerkan motor listrik terutama di “kategori kelas-1” serta pembangunan berbagai penunjang untuk mengatasi segala masalah yang mungkin mendera sepeda motor listrik nantinya.

Nah,. Kalau boleh berpendapat langkah keduanya perlu diacungi jempol,. Daripada cakar-cakaran,. Lebih baik jalin kerjasama untuk kebaikan bersama,. Betul tidak?? 

Bagaimana dengan Honda dan Yamaha di tanah air?? Sepertinya hal tersebut mustahil dilakukan,. Sampean semua juga sudah tahu sendiri bagaimana tensi persaingan dari keduanya. 

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply