Senyap,. Yamaha Mio Stop Start System (SSS) Sudah Sampai di Kota Pahlawan Surabaya




Warungbiker.com – Sesuai judul diatas nih sob,. Senyap tak bersuara itulah pergerakan distribusi Yamaha Mio terbaru yang dibekali Stop Start System (SSS). Sebagaimana kita ketahui bersama, beberapa waktu lalu yamaha tekah mematenkan teknologi stop start system (SSS) untuk kendaraan maticnya  dimana teknologi ini bisa dikatakan serupa dengan Idling Stop System (ISS) pada Honda.

Dari info yang didapat sebelumnya, SSS memang akan di cangkokan pada skutik terbaru yamaha nantinya, namun cukup mengejutkan jika ternyata Yamaha Mio yang kali pertama mendapat update.

Kali pertama dishare oleh kang madev  Yamaha Mio terbaru dengan fitur SSS sudah mendarat di kota pahlawan Surabaya. Perihal fitur dan cara kerja dari SSS sendiri belum dapat digali lebih dalam, pasalnya hingga saat ini YIMM selaku produsen juga masih bungkam. 

Perihal harga, masih kata kang Madev Yamaha Mio SSS dijual dengan harga Rp.16,925 juta atau lebih mahal 1 juta dibanding Yamaha mio M3 yang saat ini dibanderol Rp. 15,925 juta. 

Menilik dari gambar terlampir, sepertinya tidak ada perubahan model dari versi terdahulu kecuali permainan grafis dimana body samping terdapat tulisan 125 yang menandakan kubikasi dari skutik Yamaha Mio SSS Tersebut dan tentunya ditambah update teknologi yang diusung.

Bagaimana nih sob?? Benar-benar ketularan kawasaki, adem ayem tau-tau muncul produk baru..

Stop Start System

Meski fitur ini ngetrend di beberapa line up skutik Honda, namun sebenarnya fitur ini sudah pernah ada di motor pabrikan jepang lainnya macam Yamaha dan Suzuki. Pendaftaran hak cipta/paten fitur Stop Start System (SSS) oleh Japanese Patent Office/JPO (Kantor Paten jepang) sudah ada sejak tahun 2013 silam.

Mengutip dari laman blog kang majid, Stop Start System Yamaha dikatakan akan lebih advance dibanding ISS Honda. Namun secara garis besar kerja Stop Start System Yamaha tentunya serupa dengan ISS Honda  yang melibatkan beberapa komponen FI, diantaranya ada Engine Contol Unit / Module (ECU-ECM), Thermo sensor, Speed sensor, Throtle Position Sensor (TPS), Tombol On / Off Stop Start System (SSS) dan terakhir panel indikator SSS di speedo.

Sedangkan syarat SSS bisa bekerja / aktif adalah sebagai berikut : 

  • Tekan tombol Stop Start System pada posisi “On”
  • Putaran mesin standar 1700 rpm +/- 100
  • Temperatur mesin melebihi 60 derajat celcius
  • Motor telah mencapai kecepatan melebihi 10 kilometer/jam
  • Handle gas (throttle) dalam posisi tertutup penuh
  • Motor dalam kondisi berhenti setidaknya 3 detik, maka lampu indikator akan otomatis berkedip, dan mesin akan mati secara otomatis
Advertisements

10 Comments

  1. mantap jiwa mas…
    surabaya memang asik-asik jos, pengiriman barang dari palangkaraya juga murah banget kl ke surabaya cuma 4rb/kg

    kunjung jg ke http://www.sikribo.id cemilan bukan-bukan, bukan keripik bukan kerupuk tapi gurih renyahnya bukan main-main, info order, reseller, agen dan dropship hub.0822.5029.5001 atau join group telegram t.me/kribolovers

    sharing is caring
    let’s keep posting

Leave a Reply