Spare Part Fast Moving Sepeda Motor

spare-part-fast-moving-sepeda-motor

 

WARUNGBIKER.COM –  Bro-sist sekalian,. bagi kita selaku pemilik kendaraan bermotor baik roda 2 muapun roda 4 tentunya tidak asing lagi dengan isitilah spare part (suku cadang)  fast moving.  Lalu apa sih sebenarnya spare part (suku cadang)  fast moving itu?? Secara harfiah, spare part (suku cadang) fast moving umumnya diartikan sebagai spare part yang cukup sering atau cepat masa penggantiannya.

Jenis dari spare part (suku cadang)  fast moving itu cukup beragam yang semuanya dipengaruhi oleh masa pakai berdasarkan jarak tempuh (kilometer)  maupun waktu. Karena spare part (suku cadang)  fast moving itu butuh penggantian rutin, maka tidak ada salahnya jika kita mengetahui beberapa part sepeda motor yang masuk kategori spare part (suku cadang)  fast moving. Adapun yang dikategorikan sebagai spare part (suku cadang) fast moving adalah sbb :

  • BUSI, salah satu suku cadang yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung elektrode pada ruang bakar yang berfungsi memercikan bunga api untuk membakar bensin yang telah dikompres oleh piston ini, wajib dilakukan penggantian secara rutin. Umumnya  jika kendaraan sudah mencapai jarak tempuh 6000 km. Lalu apa efek buruk jika tidak dilakukan penggantian?? Tentunya sepeda motor akan boros bahan bakar, performa mesin tidak stabil, panas berlebih dan mesin susah dihidupkan. Sehingga tidak dianjurkan hanya membersihkan busi jika sudah melewati masa pakainya.
  • ELEMEN FILTER UDARA, suku cadang yang berfungsi  mencegah masuknya udara kotor kedalam ruang bahan bakar ini juga wajib diganti secara rutin. Umumnya penggantian dilakukan jika sudah mencapai 9000 km atau sesuai dengan kondisi kendaraan. Jika kendaraan sering dipakai di daerah yang udaranya kotor tentu masa bakti dari elemen filter udara ini akan semakin pendek. Efek buruk jika elemen filter udara kotor adalah bahan bakar boros, performa mesin tidak stabil dan yang paling parah adalah timbul kerak berlebih pada ruang bakar karena udara yang dihisap masuk kedalam ruang bakar adalah udara kotor.
  • KAMPAS REM, salah satu piranti keselamatan yang berfungsi mengurangi laju kendaraan sampai berhenti ini wajib diperiksa setiap 3000 km atau sesuai dengan pemakaiannya. Sebaiknya rutin melakukan penggantian komponen yang sangat vital ini jika sudah aus. Jika tidak, selain dapat merusak disk atau tromol dan menimbulkan bunyi berdecit, tentunya sangat berbahaya karena daya pengereman berkurang.
  • BAN, salah satu suku cadang yang bersentuhan langsung dengan jalan ini wajib diganti secara periodik jika pattern ban sudah aus. Umur ban sendiri di pengaruhi oleh mobilitas dan cara berkendara, semakin tinggi mobilitas kendaraan dan semakin agresif cara berkendara  tentunya pattern ban juga akan cepat aus. Namun selain itu banyak mekanik yang menyarankan agar ban diganti jika sudah berumur tiga sampai empat tahun dari waktu produksi yang tertera pada ban.
  • LAMPU, salah satu komponen pada kendaraan yang berfungsi sebagai penerangan dan tanda ini juga merupakan spare part (suku cadang) fast moving  karena secara periodik akan mati jika sudah mencapai sekian jam masa pakai. Lampu pada kendaraan yang sering kali mati adalah lampu utama, lampu rem, lampu kota dan lampu sein.

Demikianlah penjelasan tentang suku cadang yang masuk kategori fast moving yang harus kita perhatikan dan dilakukan penggantian secara rutin. Sebenarnya masih banyak lagi beberapa suku cadang yang masuk kategori spare part (suku cadang)  fast moving dan akan warungbiker ulas di artikel terpisah. Semoga bermanfaat,. #ciao

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s