Advertisements

Kenalan Dengan Assist & Slipper Clutch Yamaha R15 Facelift 2017

image

WARUNGBIKER.COM – Bro-sist sekalian, diartikel sebelumnya kita telah mengetahui bahwa Assist & Slipper Clutch adalah salah satu fitur andalan yang disemat pada Yamaha R15 Facelift 2017.

Dengan disematkannya fitur ini, Yamaha R15 Facelift 2017 telah jadi pelopor motor sport 150cc yang mengadopsi fitur assist & slipper clutch, karena umumnya   fitur ini disematkan pada motor dengan kubikasi di atas 200cc. Kawasaki Ninja 250 dan beberapa model motor lainnya sudah mengadopsi fitur canggih ini.

Meski Assist & Slipper Clutch bukan barang baru di industri sepeda motor, namun ternyata masih banyak yang belum mengerti tentang cara kerja fitur ini.

Oleh karena itu warungbiker berinisiatif membuat artikel ini, agar kita semakin paham dengan assist & slipper clucth yang diklaim lebih ringan 20% saat tuas kopling dioperasikan.

Mengutip dari laman kompas otomotif yang dilansir pada 16 oktober 2016 silam,  assist & slipper clutch punya dua cam, assist cam dan slipper cam). Keduanya menggerakan clutch hub dan mengoperasikan pelat kopling bersamaan, atau terpisah.

Pada penggunaan normal, assist cam berfungsi sebagai mekanisme self-servo, yakni menarik clutch hub dan mengoperasikan pelat secara bersamaan untuk menekan pelat kopling. Ini membuat beban per kopling berkurang. Pengendara semakin merasa ringan saat menekan tuas kopling.

Kebalikannya, saat pengendara melakukan engine brake dengan menurunkan gigi ke posisi lebih rendah, slipper cam gantian bekerja. Komponen ini memaksa clutch hub dan pelat terpisah, yang membuat tekanan pada pelat kopling berkurang.

Alhasil, pada saat kita melakukan down shift (penurunan gigi) secara cepat, maka gejala torsi berlebihan pada kopling (disebut juga back torque) yang menyebabkan ban belakang mengalami skid (mengunci) dan hilang traksi tak akan muncul.

Untuk lebih detil tentang cara kerja assist & slipper clucth, bro-sist bisa menyimak video berikut ini.

Advertisements
3 Comments

Leave a Reply