Kenapa Kunci Kontak All New CBR250RR Tidak Dilengkapi Secure Key Shutter (SKS)?

kenapa-kunci-kontak-all-new-cbr250rr-tidak-dilengkapi-sks

WARUNGBIKER.COM – Bro-sist sekalian,. Saat saya melakukan testride all new CBR250RR untuk penggunaan harian atau bahasa kerennya”Daily Use” beberapa waktu lalu, banyak teman-teman yang bertanya, kenapa kunci kontak All New CBR250RR tidak dilengkapi SKS (Secure Key Shutter)?? Padahal SKS  selama ini menjadi salah satu fitur wajib yang erat melekat hampir pada semua tipe motor Honda.

Ok,. tentunya ini pertanyaan yang sangat menarik untuk kita ulas bersama. sebelum menginjak lebih jauh,. terlebih dahulu saya akan menjelaskan tentang SKS (Secure Key Shutter) itu sendiri dan kenapa All New CBR250RR tidak dilengkapi fitur ini.

SKS (Secure Key Shutter) adalah sistem penguncian pada sepeda motor yang dilengkapi dengan cover bermagnet dengan tuas penutup otomatis (pegas) maupun manual. SKS (Secure Key Shutter) diklaim sangat praktis digunakan dan dapat mengurangi resiko pencurian motor.

Dari pengertian diatas, SKS (Secure Key Shutter) dijelaskan dapat mengurangi resiko pencurian,. MENGURANGI RESIKO, bukan berarti tidak dapat dicuri. Banyak timbul kasus hampir semua merk dan tipe sepeda motor bisa digondol maling meski sudah dilengkapi fitur ini. Nah,. jika All New CBR250RR yang masuk kategori  Premium Bike, sistem kunci kontaknya masih menggunakan SKS (Secure Key Shutter),. Apa sampean semua selaku pemilik motor keren ini ndak was-was saat diparkir di pinggr jalan atau pusat perbelanjaan?? Hmmm silahkan dijawab sendiri.

Ok,. Itu menurut pendapat pribadi saya kenapa SKS (Secure Key Shutter) tidak disematkan pada All New CBR250RR.  Kemudian, alasan lainnya adalah karena adanya teknologi kunci kontak terbaru dan canggih yang disematkan pada All New CBR250RR ini. AHM mengklaim, dengan teknologi kunci kontak terbaru ini dipastikan All New CBR250RR 99%  aman dari incaran maling. Penasaran, silahkan dibaca lebih lanjut berikut ini.

sistem-pengaman-kunci-cbr250rr

AHM menamai teknologi terbaru ini dengan “Wave Key” yang mana didalam lubang kunci All New CBR250RR terdapat sensor keamanan yang akan aktiv dan memerintahkan ECU untuk ‘LOCK” atau “MATI TOTAL” untuk sementara waktu jika lubang kunci dimasukan anak kunci yang bukan semestinya dan diputar sampai “ON”.

Jadi,. misal saja ada yang iseng nih,. memasukan anak kunci motor lain ke lubang kunci All New CBR250RR,. Sampean tenang dulu,. karena sensor tidak akan aktiv asalkan tidak dipaksa untuk diputar hingga posisi “ON”. Kalau anak kunci bukan semestinya dimasukan dan tetap memaksa diputar sampai “ON” maka bisa dipastikan, kalau bukan maling yang orang bodoh kurang kerjaan.

Sebenarnya fitur  ini sudah ada pada Honda CBR250R CBU, namun masih sangat sederhana dan diperbarui pada All New CBR250RR dengan teknologi yang lebih canggih. Oh,. Iya untuk saat ini Honda masih jadi pelopor teknologi kunci kontak “Wave Key” ini dibanding kompetitor di kelas 250cc.

Sampai disini sudah jelas semua ya?? Kalau sudah jelas mari kita lanjutkan pembahasan ini.

Seandainya,. sampean selaku pemilik All New CBR250RR ketiban apes,. Ada orang yang berniat mencuri motor dan pastinya gagal karena ECU  motor “LOCK” atau “MATI TOTAL” untuk sementara waktu apa yang harus dilakukan??

Jadi gini,. Maksud dari ECU motor “LOCK” atau “MATI TOTAL” ini, bukan berarti ECU motor rusak atau tidak dapat digunakan lagi bro-sist, ECU motor masih dapat digunakan lagi namun harus dibawa ke bengkel Honda “WING” terdekat untuk dibuka “LOCK”nya. Mau cara didorong silahkan atau dinaikan pick up silahkan atau bisa juga telfon ke layanan bengkel Honda “WING” biar diambil ya silahkan. Mudah bukan??

Selain teknologi yang sudah saya jelaskan panjang lebar diatas,.All New CBR250RR juga dilengkapi dengan “Rekam data GPS” untuk memantau keberadaannya. Rekam jejak servis dan kepemilikan terekam secara online di database server AHM. Jadi,  kalau saja sampean minta tolong teman, saudara atau kerabat untuk melakukan service All New CBR250RR ke AHASS WING terdekat, jangan heran kalau nantinya di mintai KTP / Kartu Identitas yang berlaku, karena data yang membawa motor dan database AHM tidak sama.

Dengan berbagai teknologi yang disematkan pada All New CBR250RR tersebut, saya menyarankan kepada sampean semua selaku pemilik All New CBR250RR, jangan coba-coba deh atau  iseng untuk bongkar pasang sendiri part pada motor khususnya piranti kelistrikan. Sangat disarankan untuk membawa ke AHASS WING terdekat.

Untuk wilayah kediri, nganjuk dan sekitarnya sampean bisa mengunjungi GALAXY MOTOR KEDIRI yang beralamat di Jl. Panglima Besar Sudirman No.144-146 Kediri dengan nomor telefon +62 354 682981.

Last, sampai disini dulu pembahasan kita mengenai “Kenapa Kunci Kontak All New CBR250RR Tidak Dilengkapi SKS?”jika sampean punya info tambahan silahkan komen dibawah ya. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di blog saya ini , jangan lupa like, comment dan share.

Iklan

24 thoughts on “Kenapa Kunci Kontak All New CBR250RR Tidak Dilengkapi Secure Key Shutter (SKS)?

    1. Warung Biker Penulis Tulisan

      Plat B 4426 BKI dengan ciri ciri terdapat sticker team arogan knalpot R9,.

      nah,. mungkin ini yang 1%,. karena klaim AHM cuma 99%,.

      kemungkinan lain,. bisa jadi motor sudah di oprek dengan custom ECU yang tentunya ini bakal mematikan sensor pada kunci kontak.

      Disukai oleh 1 orang

      Balas
  1. Brili

    yang lagi gencar itu tentang CBR250RR hilang ‘pertama kali di dunia’ kemungkinan motor tidak dihidupkan alias distoring? atau kunci motornya dicuri ya om?

    Suka

    Balas
    1. Warung Biker Penulis Tulisan

      terimakasih sudah berkunjung ke blog saya om,.

      ada kemungkinan seperti itu om,. jadi malingnya main angkut motor aja tanpa dihidupkan. Namun, asumsi saya ada kemungkinan ECu sudah diganti ECU after market yang pastinya ini akan mematikan sensor wave key tersebut.

      Suka

      Balas
    1. Warung Biker Penulis Tulisan

      ini yang diomongin pasti “CBR250RR Plat B 4426 BKI dengan ciri ciri terdapat sticker team arogan dan knalpot R9” kali pertama diunggah oleh akun Instagram @achmadekasaputra

      hmmm,. kalau di cermati dalam unggahan tersebut tidak dijelaskan bagaimana kronologi hilangnya sepeda motor tersebut.

      asumsi saya, ada kemungkinan ecu telah diganti dengan ecu after market yang otomatis ini akan mematikan sensor pada wave key tersebut. mengingat motor tersebut sudah dimodifikasi dengan knalpot after market pula.

      Namun itu masih sebatas asumsi saya,. untuk detil kejadiannya dan tetek bengeknya tentu pemilik motor yang hilang tersebut yang tahu.

      terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.

      Suka

      Balas
  2. Hadi

    Bagaimana kalau pasang alarm tambahan apakah juga bisa merusak atau menonaktifkan fitur kelistrikan lainnya, mohon pencerahannya, terima kasih

    Suka

    Balas
    1. Warung Biker Penulis Tulisan

      sebelumnya terimakasih sudah berkunjung ke blog saya om,.

      untuk pertanyaan om apakah pasang alarm akan merusak atau menonaktifkan fitur kelistrikan lainnya akan saya catat terlebih dahulu dan akan saya tanyakan langsung ke tim TSD pabrikan yang bersangkutan. mohon untuk sabar menunggu ya om,. #nuhun

      Suka

      Balas
  3. Ping balik: Kunci Honda CBR250RR Belum SKS, Tapi Sudah "Wave Key" Loh... Apa Itu? » BMSPEED7.Com

  4. Ping balik: Q&A Honda CBR250RR : Saat Testride, Throtel by Wire (TBW) kepake Nggak?? | Warung Biker

  5. Ping balik: Tanya Jawab Honda CBR250RR : Apakah Bisa Dipasang ALARM atau SENSOR SENTUH?? | Warung Biker

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s