Tanya Jawab Honda CBR250RR : Saat Testride, Throtel by Wire (TBW) kepake Nggak??

review-harian-cbr250rr-impresi-riding-mode-2

WARUNGBIKER.COM – Bro-sist sekalian, dalam artikel ini saya masih akan membahas tentang seluk beluk dan klenik dari Honda All New CBR250RR yang beberapa waktu lalu saya pakai untuk riding harian atau dalam bahasa kerennya adalah “daily use”.

Setelah pemakaian selama 4 hari, saya sudah bisa merasakan handling, muntahan power, konsumsi BBM dan impresi riding mode Honda Alll New CBR250RR ini serta alasan kenapa motor premium ini tidak dibekali Secure Key Shutter (SKS) pada kunci kontaknya. Untuk mengingat kembali bro-sist bisa klik tautan berikut ini.

Selanjutnya, pada artikel ini saya akan menjawab pertanyaan dari pembaca warungbiker.com yang beberapa waktu lalu mengirim pesan singkat kepada saya. Berikut isi pertanyaan tersebut.

Saat melakukan testride Honda CBR250RR apakah Throtel by Wire (TBW) kepake?

Ok, pertanyaan yang cukup singkat, padat dan jelas. Jelas menurut saya namun belum tentu jelas untuk lainnya. Monggo ditafsirkan sendiri maksudnya,. Hehehe

Kalau boleh diurai, mungkin maksud dari pertanyaan tersebut adalah apakah Riding Mode Honda CBR250RR terpakai atau tidak, bermanfaat atau tidak, mubadzir atau tidak?

Kalau ngomonging soal Riding Mode Honda All New CBR250RR terpakai atau tidak,. Jelas ini terpakai dan sangat membantu. Karena fitur ini bukan hanya fitur “kembangan” yang membuat motor terlihat “WAH” namun fitur ini benar-benar berfungsi, muntahan power, raungan RPM dan respon bukaan throtel begitu terasa bedanya tiap “Mode”. Untuk penggunaannya biar manfaat dan nggak mubadzir, saya tidak perlu menulis panjang lebar disini karena diartikel terdahulu sudah saya jabarkan secara detil. (klik tautan diatas sob).

Kalau ngomongin soal Throtel by Wire (TBW) kepake atau tidak?? Ini yang sebenarnya perlu kita jelaskan bersama. Sebelum menginjak lebih jauh,. silahkan dipahami dulu arti dari Throtel by Wire (TBW) berikut ini.

Throtel by Wire adalah sebuah system tuas gas dimana katup pada throttle body digerakan oleh motor servo. Throtel by Wire ini menghilangkan aplikasi tali gas dan diganti oleh perangkat elektronik.

Kalau dijabarkan lebih luas,.. tali penggerak yang sebelumnya menggunakan serat baja atau “sentring” (dalam bahasa jawa) ditiadakan bro-sist dan diganti perangkat elektronik. Mudahnya, model konvensional beralih ke model digital.

Jadi,. Kalau ditanya Throtel by Wire kepake atau nggak,. Jelas ini kepake,. Karena system ini menggantikan tuas gas model lama,. Gimana mau jalan kalau nggak kepake??? Hehehe Throtel by Wire ini punya kedudukan sendiri dengan fitur Riding Mode. Meski tanpa fitur Riding Mode, Throtel by Wire bisa diaplikasikan pada sepeda motor namun akan jadi fitur mubadzir tentunya. Sebaliknya, fitur Riding Mode tidak mungkin bisa diaplikasikan jika motor tidak dilengkapi Throtel by Wire (CMIIW).

Ok,. Sampai disini pertanyaannya sudah tejawab. Lalu apa kelebihan dan kekurangan dari Throtel by wire ini?? Tidak mungkin suatu fitur atau teknologi hanya memiliki kelebihan tanpa memiliki kekurangan. Bukanya begitu bro-sist???

Kelebihan dari Throtel by Wire ini tentunya minim perawatan karena kita tidak pelu repot-repot untuk membersihkan atau melumasi tali gas seperti gas model lama (konvensional) yang kerap kali terasa berat dalam jangka waktu tertentu karena telah digunakan. Lainnya, tentu bisa dibenamkan fitur Riding Mode yang memang membutuhkan Throtel by Wire layaknya Honda CBR250RR ini.

Sedangkan kekurangannya adalah tentu harga part Throtel by Wire lebih mahal dibanding tuas gas model konvensional dan mungkin saja nantinya akan ada delay setelah digunakan dalam jangka waktu yang lama (CMIIW).

Last, sampai disini dulu pembahasan kita mengenai pertanyaan “Saat Testride, Throtel by Wire (TBW) kepake Nggak??” jika bro-sist punya info tambahan silahkan komen dibawah ya,. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di blog saya ini. Jangan lupa like, comment dan Share ya.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Honda dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Tanya Jawab Honda CBR250RR : Saat Testride, Throtel by Wire (TBW) kepake Nggak??

  1. John_Hendy berkata:

    Oalaaahh trnyata yg melontarkan pertanyaan yg kurang kopi haha

    Suka

  2. A'A berkata:

    tumben bening… wkwkwkwkwk #eh

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s