MotoGP 2017 : Inner Winglet Pada Fairing M1?? Legal Sob!

img_20170131_184745.jpg

WARUNGBIKER.COM – Saat test pramusim di sepang tanggal 30 januari  s/d 1 Februari 2017 lalu,  M1 Rossi kedapatan menggunakan fairing model baru yang lebih gemuk, dimana rongga-rongga yang disinyalir sebagai winglet  terintegrasi langsung di dalam fairing. Bukan seperti winglet yang menonjol seperti musim MotoGP 2016 lalu sehingga pada MotoGP 2017 piranti  ini resmi  dilarang karena dianggap berbahaya.

Untuk mengingat kembali, bro-sist bisa klik tautan berikut ini,. ” Akali Regulasi, Yamaha Benamkan Winglet Dalam Fairing M1”. Tentunya, apa yang insiyur Yamaha lakukan tersebut bikin kita kepo untuk mengetahui apakah winglet yang dibenamkan dalam fairing M1 tersebut legal (diperbolehkan) atau malah di larang oleh panitia MotoGP?? Bener nggak sob??

Ternyata, winglet dalam fairing seperti M1 Rossi lalu memang sudah diperkirakan oleh panitia MotoGP 2017 dan itu Legal atau diperbolehkan. Seperti yang diungkapkan Danny Aldridge selaku direktur teknis MotoGP saat di konfirmasi crash,. “Yang dilarang itu winglet  yang bentuknya menonjol atau bodywork yang tidak menyatu pada fairing. Misal sayap, sirip atau tonjolan yang berefek pada aerodinamis seperti winglet musim lalu.”

Artinya, winglet yang menyatu dalam fairing itu sah dan boleh digunakan. Contohnya pada M1 Rossi, tidak ada tonjolon keluar dari body motor karena winglet di benamkan di dalam fairing berbentuk seperti rongga-rongga yang kata Yamaha sih cuma buat aliran udara saja.

Selain itu, sebelum di cetak dan dipasang pada motor balap MotoGP insiyur yang merancang sudah konsultasi kepada Danny Aldridge selaku direktur teknis agar tidak menyalahi aturan yang berlaku.

Masih kata Danny Aldridge, pabrikan lainnya juga sudah menyodorkan rancang bangun fairing model baru. Kemungkinan baru akan muncul pada saat test pramusim di sirkuit Philip Island, 15-17 Februari mendatang.

Iklan

One thought on “MotoGP 2017 : Inner Winglet Pada Fairing M1?? Legal Sob!

  1. Ping balik: Test MotoGP Autralia 2017 Hari 2 : Aprilia Tunjukan “winglet” Fairing Baru | Warung Biker

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s