Test MotoGP Autralia 2017 Hari 2 : Aprilia Tunjukan “winglet” Fairing Baru

winglet-fairing-aprilia
sumber gambar : crash.net –  Photo by Steve English.

WARUNGBIKER.COM –  Setelah muncul “inner winglet” ala Yamaha pada YZR M-1 yang jadi besutan Rossi saat test sepang lalu, kini saat test MotoGP Australia 2017 Hari kedua  giliran Aprilia yang menunjukan fairing model baru dimana winglet juga sudah teritegrasi.

Kalau bro-sist sudah baca-baca artikel saya terdahulu tentunya tahu betul bahwa pabrikan lainnya bakalan mengikuti langkah Yamaha untuk membuat winglet menyatu dengan fairing.  Hal ini disampaikan oleh Danny Aldridge selaku direktur teknis MotoGP saat dikonfirmasi oleh crash.net

Untuk mengingat kembali silahkan klik tautan berikut ini :

Berbeda dengan Yamaha, Aprilia tidak membuat rongga-rongga sebagai jalur lewatnya udara yang bakalan kasih downforce di letakkan dalam fairing kanan-kiri, melainkan membuat desain “winglet” dengan rongga lebih besar dengan posisi lebih keatas atau tepatnya di depan handle bar. Untuk lebih jelasnya silahkan simak gambar terlampir di awal artikel ini.

Aleix Espargaro, yang merupakan pembalap Aprilia menyebutkan bahwa desain fairing baru ini memberikan efek downforce sekitar  55-60 % dibanding winglet model lama.

FYI, musim MotoGP 2017 ini winglet model lama resmi dilarang karena di anggap membahayakan pembalap lain. Sebagai  solusi, panitia lomba MotoGP memperbolehkan “winglet” tetap digunakan asalkan menyatu dengan fairing dan tidak menonjol sperti “winglet” sebelumnya. Dan nantinya, pembalap hanya boleh menggunakan 1 macam desain saja.

Tambahan, Suzuki juga berencana untuk menguji fairing model baru yang disinyalir di lengkapi “winglet” pada minggu ini. Sedangkan pabrikan lainnya seperti  Honda, Ducati and KTM masih bungkam saat ditanya perihal fairing model baru mereka.

 

 

One Comment

Leave a Reply