Cara Sederhana Merawat Rantai Motor Agar Tidak Cepat Rusak

Tips Sederhana Merawat Rantai Motor Agar Awet dan Tahan Lama.jpg
 
WARUNGBIKER.COM– Brosis, rantai roda merupakan salah satu komponen penting dalam sepeda motor,karena part ini berfungsi untuk menyalurkan tenaga gerak dari mesin ke roda belakang sehingga sepeda motor bisa bergerak atau melaju.
 
Karena rantai roda merupakan salah satu komponen yang penting, maka kita sebagai pemilik harus senantiasa merawat rantai roda. Tujuan dari perawatan ini tentunya adalah untuk memperpanjang usai rantai roda pada sepeda motor kita sehingga meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan. Misalnya, rantai roda putus atau bisa juga lepas dari gir dan mengunci roda belakang sehingga menyebabkan kita terjatuh dari sepeda motor.

 
Tentunya kita sebagai pemilik tidak mau hal tersebut terjadi, oleh karena mulai sekarang
kita bisa merawat ranta roda dengan mengikuti beberapa tips sederhana berikut ini sehingga rantai roda menjadi awet dan tahan lama.
 
  • Periksajarak main bebas (Freeplay) dari rantai roda.
 
Rantai roda yang terlalu kencang maupun tertalu kendur juga tidak baik, karena dapat berakibat fatal brosis. Jika rantai roda terlalu kencang bisa mengakibatkan rantai roda putus. Sebaliknya jika rantai roda terlalu kendor maka rantai roda bisa lepas atau loss, parahnya lagi bisa mengunci roda belakang karena terlilit.
 
Jadi sangat disarankan, kita sebagai pemilik sepeda motor untuk selalu mengecek jarak main bebas (freeplay) dari rantai roda. Jika tidak standar, segera lakukan penyetelan dengan benar, yakni mengacu pada buku pedoman pemilik.
 
Yang perlu diperhatikan saat melakukan penyetelan jarak main bebas (Freeplay) adalah posisi gir depan dan belakang harus sejajar. Dengan posisi sejajar rantai roda dapat bergerak dengan benar sesuai jalur. Hal ini dapat memperpanjang usia rantai roda dan gir sepeda motor kita.
 
Bagi kita yang memiliki kemampuan dasar otomotif silahkan melakukan penyetalan sendiri, namun bagi yang tidak memiliki ada baiknya jika di bawa ke bengkel resmi sepeda motor atau bengkel umum terdekat agar mekanik terlatih yang melakukan penyetelan rantai roda sepeda motor kita.
 
  • Berikan pelumasan pada rantai roda secara teratur.
 
Pelumas pada rantai roda sangat diharuskan, karena pelumas berfungsi untuk mengurangi
gesekan antara rantai dengan gir dan menghilangkan bunyi gesekan
yang biasanya timbul ketika rantai dalam kondisi kering dan kotor. Rantai roda yang kering dan kotor berpotensi  mempercepat keausan. Oleh karena itu kita sebagai pemilik sepeda motor di
haruskan untuk memberi pelumas pada rantai roda secara teratur.
 
Gunakan pelumas khusus untuk rantai roda (chain lube) atau gunakan oli baru dengan kekentalan SAE 80 atau SAE 90.
 
Pemberian pelumas pada rantai rodajuga tidak boleh sembarangan, jika rantai roda kotor, cucilah terlebih dahulu menggunakan air sabun atau bensin kemudian keringkan hingga benar-benar kering setelah itu baru di beri pelumas baik menggunakan pelumas khusus rantai roda (chain lube) atau oli baru dengan  kekentalan SAE 80 atau SAE 90.
 
  • Gunakan Suku Cadang Asli dan Berkualitas Saat Penggantian Rantai Roda
 
Meski di rawat dengan baik dan benar, tentunya rantai roda akan mencapai usia masa pakainya. Secara visual hal ini dapat dilihat dengan runcingnya mata gir sepeda motor kita. Ciri lainnya, apabila setelan roda sudah mentok atau habis maka rantai roda sepeda motor kita sudah saatnya untuk di ganti dengan yang baru.
 
Penggantian rantai roda atau gir juga tidak sembarangan, sangat dianjurkan menggunakan suku cadang asli dan berkualitas. Pabrikan selalu merekomendasikan rantai roda dan gir asli dan berkualitas karena memiliki spesifikasi sesuai dengan sepeda motor kita. Tentunya juga lebih awet di banding suku cadang imitasi.
 
Beberapa poin di atas menjelaskan bagaimana cara merawat rantai motor agar awet dan tahan lama yang bisa kita terapkan sehari-hari agar kita mendapatkan performa optimal serta rasa aman dan nyaman dalam berkendara.
 
Jadi, mulai sekarang selalu luangkan waktu untuk mengecek rantai roda sehinggal hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari.
 
Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog saya ini , jangan lupa like, comment dan share
Iklan

2 thoughts on “Cara Sederhana Merawat Rantai Motor Agar Tidak Cepat Rusak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s