Advertisements

MotoGP QATAR 2017 Race : Vinales Juara, Rossi 3, Marquez 4 & Lorenzo?

MotoGP QATAR 2017 Race  Vinales Juara, Rossi 3, Marquez 4 & Lorenzo.jpg

Sempat delay karena terjadi gerimis dan terdapat genangan air di salah satu tikungan sirkuit Losail, akhirnya balapan bisa di gelar setalah di lakukan inspeksi lintasan secara berulang-ulang. Terhitung lebih dari 4 kali Loris Capirosi bersama tim safety MotoGP mengitari lintasan yang terdapat di tengah padang pasir tersebut guna memastikan balapan bisa digelar dan aman.

Imbas dari delay tersebut, balapan di gelar mundur 36 menit dari jadwal yang di tentukan. Selain itu, jumlah lap juga di pangkas! Balapan yang seharusnya berlangsung sebanyak 22 laps, dipangkas menjadi 20 laps saja. Namun, warm up lap sebelum start di lakukan sebanyak 2 laps, yang biasanya dilakukan 1 laps. Hal ini dilakukan guna memastikan setiap rider yakin dengan kondisi lintasan sirkuit Losail aman untuk balapan.

Sehari sebelum race, Hujan sudah bikin kacau di Qatar. Sesi FP4 hingga Q2 di batalkan karena kondisi lintasan berubah menjadi danau penuh dengan genangan air. Otomotis referensi setup para rider untuk race hari minggu (26/3/17) kemarin berasal dari test pramusim serta latihan bebas (FP1, FP2 & FP3).

Para rider di buat bingung dengan pemilihan ban sesaat sebelum race, karena biasanya simulasi balap , memantabkan setingan dan pilihan ban dilakukan saat sesi latihan bebas 4 ( FP4). Meski sesi warm up waktunya di tambah 10 menit dari seharusnya yang hanya 20 menit, tetap saja bikin kacau. Ya tadi, biang keladinya karena hujan hingga start delay dan balapan molor hingga 36 menit dari jadwal semula seperti tulisan di awal artikel ini.  Bingungnya kelihatan, macam Marc Marquez (Repsol Honda Team) yang mendadak ganti ban depan dengan compoun Medium dari sebelumnya soft. Kebalikannya, Andrea Divizioso yang sebelumnya pakai ban belakang compoun medium mendadak ganti ban dengan compoun soft. Rider lainnya rata-rata sudah pakai ban compoun medium depan-belakang sejak awal.

Perlu di ketahui Posisi Start kemarin di tentukan dari hasil kombinasi catatan waktu latihan bebas (FP1, FP2 & FP3). Hal ini tentunya sampean semua sudah pada paham karena sudah saya tulis di artikel sebelumnya. Hehe

Selepas start, balapan MotoGP Qatar kemarin terlihat lebih hidup karena ada wajah baru macam Johan Zarco yang jebolan Moto2 langsung bikin kejutan. Mainnya halus, dengan M1 KW bisa memimpin jalannya lomba hingga lap ke-6 sebelum akhirnya tersungkur ke gravel sirkuit Losail. Maklum, jam terbang masih rendah beda sama abang-abangnya yang menguntit di belakang yang memang sudah senior. Andrea Iannone yang musim ini bawa motor Suzuki GSX-RR juga tampil apik, mainnya lincah dan beberapa kali duel dengan Marc Marquez sebelum akhirnya tersungkur saat balapan sisa 10 laps.

Yang jadi unggulan, tentunya Maverick Vinales yang tampil apik dan konsisten saat test pra musim maupun latihan bebas MotoGP QATAR 2017. Sesuai prediksi awal, Vinales bakal bersaing ketat dengan Ducati yang di bawa Iannone. Power beringas Ducati sempat bikin Vinales kedodoran di treck lurus sirkuit Losail, namun bisa di antisipasi di tikungan dimana Corner Speed M1 memang jagonya. Dan hasilnya kelihatan, Vinales juara di susul Dovizioso di posisi kedua dan Valentino Rossi melengkapi podium ke-3.

Kalau Rossi, ndak usah diceritakan banyak-banyak. Hasilnya di podium Qatar kemarin karena memang kecerdikan dan jam terbang Rossi yang tinggi, meski ada faktor keberuntungan juga sih. hehehe.  Toh, bilangnya juga berjudi soal setup dan pemilihan ban. Start dari posisi 10 dan finish ke-3 cukuplah buat Rossi yang katanya M1 ndak bisa kencang.

Selanjutnya, Marquez yang finish ke-4 memang terlihat kedodoran. RCV bigbang kurang greget ketika melibas tikungan. Motor kurang bisa diajak kencang saat keluar tikungan. Selain itu dilema pemilihan ban sesat sebelum race jadi biang keladi juga. Detilnya kita bahas di artikel terpisah.

Jorge Lorenzo?? No komen dah,. Yang pasti Lorenzo masih kesulitan bawa Ducati, dan hasilnya finish ke-11.

GRAND PRIX OF QATAR

MotoGP Race Classification 2017 

Doha, Sunday, March 26, 2017

Pos. Rider Team Time/Gap
1 Maverick VIÑALES Movistar Yamaha MotoGP 38’59.999
2 Andrea DOVIZIOSO Ducati Team +0.461
3 Valentino ROSSI Movistar Yamaha MotoGP +1.928
4 Marc MARQUEZ Repsol Honda Team +6.745
5 Dani PEDROSA Repsol Honda Team +7.128
6 Aleix ESPARGARO Aprilia Racing Team Gresini +7.661
7 Scott REDDING OCTO Pramac Racing +9.782
8 Jack MILLER EG 0,0 Marc VDS +14.486
9 Alex RINS Team SUZUKI ECSTAR +14.788
10 Jonas FOLGER Monster Yamaha Tech 3 +15.069
11 Jorge LORENZO Ducati Team +20.516
12 Loris BAZ Reale Avintia Racing +21.255
13 Hector BARBERA Reale Avintia Racing +28.828
14 Karel ABRAHAM Pull&Bear Aspar Team +29.123
15 Tito RABAT EG 0,0 Marc VDS +29.470
16 Pol ESPARGARO Red Bull KTM Factory Racing +33.601
17 Bradley SMITH Red Bull KTM Factory Racing +39.704
18 Sam LOWES Aprilia Racing Team Gresini +47.131
Advertisements
One Comment

Leave a Reply