Advertisements

Cara Mudah Menyetel Ketinggian Sorot Lampu Depan Suzuki GSX-R150

 

Brosis, kita sebagai pemilik sepeda motor, sudah selayaknya untuk mengatur ketinggian sorot lampu utama. Jika dirasa sorot lampu tidak sesuai.

Hal ini berguna untuk mencapai pencahayaan yang maksimal, sesuai dengan kebutuhan penerangan serta tidak merugikan pengendara lain.

Setting sorot lampu utama ini wajib dilakukan untuk semua sepeda motor, baik yang masih menggunakan lampu utama jenis bohlam biasa maupun LED.

Pasalnya, meski menggunakan lampu bohlam biasa, teknologi jaman sekarang sudah memungkinkan untuk membuat bohlam biasa menyala dengan terang dan menyilaukan.

Namun, perhatian khusus memang diperuntukan pada lampu LED. Karena lampu jenis ini punya reputasi yang terkenal akan silaunya, ternyata perihal pengaturan tinggi sorot lampu LED, beda caranya di banding menyetel lampu model biasa yang  lebih mudah dan simple.

Kendati demikian bukan berarti menyetel sorot lampu motor yang sudah mengunakan LED lebih sulit, tidak sulit brosis, lebih mudah malahan.

Hanya saja memang perlu membaca buku pedoman untuk mengetahui letak baut setelannya. Prinsipnya sama seperti lampu model biasa, hanya saja letaknya yang berbeda.

Sebagai contoh nyata, pada beberapa waktu lalu sempat mengemuka sebuah pertanyaan di group facebook Suzuki GSX-R150 Indonesia, bagaimana cara menyetel sorot lampu Suzuki GSX-R150 yang sudah dilengkapi dengan lampu LED tersebut?? Karena sang empunya merasa sorot lampu motornya ketinggian setelah dipasangi lowering kit.

Merujuk pada buku pedoman pemilik Suzuki GSX-R150, yang sejatinya memang di haruskan di baca oleh sang empunya, didapati info bahwa untuk menyetel ketinggian lampu yang sudah LED, cukup menggunakan obeng panjang dengan ujung mata plus (+). Lalu dimana letak baut setelannya?? Silahkan, simak gambar terlamipr berikut ini.

Cara Mudah Menyetel Ketinggian Sorot Lampu Depan Suzuki GSX-R150.jpg

Baut setelan, terletak di sisi dalam fairing depan atau bagian belakang reflektor lampu. Untuk menyetel juga cukup mudah, dengan menggunakan obeng panjang dengan ujung mata plus (+) tersebut.

Puntir obeng ke kanan untuk menaikan sorot lampu, atau puntir ke kiri untuk menurunkan. Untuk hasil maksimal, sebaiknya penyetelan di lakukan di ruangan gelap atau mudahnya saat malam hari sambil lampu motor di nyalakan. Atur sesuai kebutuhan brosis.

Cukup mudah ternyata,.. nah dengan begini tidak ada alasan bagi pemilik Suzuki GSX-R150, untuk tidak melakukan penyetelan jika di rasa sorot lampu terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

Advertisements
2 Comments

Leave a Reply