AHM Factory Visit, 55 Blogger dan Vlogger Otomotif Senusantara Sambangi Plant 4 dan 5 AHM di Karawang




AHM Factory Visit, 55 Blogger dan Vlogger Otomotif Senusantara Sambangi Plant 4 dan 5 AHM di Karawang (6).jpeg

Bro sekalian, Alhamdulillah pada hari sabtu, 15 juli 2017 lalu admin berkesempatan untuk turut serta hadir dalam kegiatan factorry visit yang di gagas oleh AHM di plant 4 dan 5 karawang.

Tidak kurang dari 55 blogger dan vlogger otomotif senusantara turut hadir untuk menyaksikan secara langsung proses perakitan motor honda di plant 4 dan 5 di karawang yang merupakan plant terbesar yang dimiliki AHM saat ini.

Acara yang seharusnya mulai pukul 08:00 pagi tersebut harus molor karena admin dan rekan blogger dari jatim, jogja, semarang dan bali harus berjibaku dengan kemacetan ibukota jakarta saat menempuh perjalanan dari bandara halim perdana kusuma menuju plant 4 dan 5 di karawang. Waktu tempuh yang seharusnya 2 jam perjalanan menajdi 5 jam perjalanan, ini merupukan pengalaman luar biasa bagi admin menikmati kemacetan ibukota jakarta dan ini merupakan kali pertama admin vakansi ke kota yang terkenal dengan monasnya tersebut.

Di plant 4 dan 5 AHM, karawang, admin dan rekan blogger serta vlogger otomotif senusantara di sambut langsung oleh Ibu. Istiyani Susriyati yang merupakan Customer Care Center Division Head PT. Astra Honda Motor.

“Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran teman-teman blogger dari seluruh Indonesia yang hadir saat ini. Kami mengundang teman-teman semua dalam ada dua hal. Yang pertama adalah silaturahmi pada waktu suasana Syawalan kita bisa bertemu seluruh Indonesia yang biasanya kita belum pernah ada acara seperti ini. Kalau sebelumnya hanya Jawa dan Bali, Kali ini kita tambah dengan yang diluar pulau. Kemudian yang kedua adalah memperkenalkan mengenai pabrik kita yang ada di Jawa Barat karena ini adalah pabrik terbesar kami.”

AHM Factory Visit, 55 Blogger dan Vlogger Otomotif Senusantara Sambangi Plant 4 dan 5 AHM di Karawang (5)

Lebih lanjut Bu. Isti, yang terkenal ramah tersebut menjelaskan bahwa pabrik di karawang ini selain perakitan motor (plant 4 dan 5), pabrik ini merupakan pusat sparepart AHM. Pabrik ini menggunakan teknologi baru, canggih dan efisien sehingga dapat menghasilkan kualitas produk yang baik menurut standar AHM. Semua proses, mulai dari design hingga menjadi produk utuh dan proses pemasaran sampai di tangan konsumen di tata secara apik, berkesinambungan dan terjamin.

Rasa senang dan semangat terpancar jelas dari ucapan Bu isti karena bisa bertemu dengan blogger dan Vlogger otomotif senusantara, ucapan do’a serta salam kepada keluarga dan teman-teman yang sudah dianggap sebagai keluarga besar PT. AHM.

“Semoga kita menjadi meningkat iman kita, meningkat takwa kita, meningkat ibadah kita dan meningkat rejeki kita. Mudah-mudahan kita akan ketemu lagi nanti bisa sebanyak ini. Mudah-mudahan tahun depan kita bisa ketemu seluruh Indonesia dalam jumlah yang banyak seperti ini.”

“Sampaikan salam kami pada keluarga, teman yang ada di daerah. Kami sebetulnya ingin sekali bertemu keluarga teman-teman semua karena anda semua menjadi sebuah keluarga besar kami di PT. AHM. Mudah-mudahan barokah selalu bersama kita. Salam Satu Hati.” tutup Bu. Istiyani Susriyati.

Selepas sambutan dari Bu Isti, kami diajak untuk berkeliling plant 4 yang memproduksi matic honda yakni Vario 125, Vario 150 dan Honda BeAT, dilanjutkan plant 5 yang memproduksi sport honda yakni CBR250RR, CB150R dan CBR150R.Terbagi dalam 3 kelompok, kami di dampingi instruktur dari AHM yang menjelaskan proses produksi secara detail mulai dari pengelasan rangka dari bahan setengah jadi vendor, pengecatan, plastic injection hingga perakitan menjadi sepeda motor utuh yang siap di kirim ke pasar. selama masuk kewilayah produksi, kami tidak diperkenankan membawa kamera ataupun ponsel. Yang membuat admin kagum, meski plant 4 dan 5 sangat besar, area produksinya sangat bersih, semua operator atau pekerja di menggunakan seragam, topi dan sepatu safety. Jadi bayangan admin yang umumnya pabrik itu kotor dan berantakan, terbantahkan di plant 4 dan 5 AHM di kerawang ini. Yang lebih gila lagi, tiap 22 detik 1 unit motor baru (Honda BeAT) di produksi di plant 4 tersebut. Pantesan Honda BeAT jadi motor sejuta umat,. Hehehe

Selepas dari plant 4, kami diajak berkunjung ke plant 5 yang di gunakan untuk produk sport Honda CBR250RR, CB150R dan CBR150R. Beda dengan plant 4 yang produksi matic, khusus Honda CBR250RR mesin dirakit secara khusus di ruang tertutup dan berAC untuk menghindari debu yang riskan masuk kedalam bagian dalam mesin saat proses perakitan. Bahkan, operator atau pekerja yang merakit mesin Honda CBR250RR, sebelum masuk keruangan akan si semprot menggunakan shower khusus serta mengganti sepatu dengan sepatu khusus yang sudah di sediakan di dalam ruangan AC tersebut. Lain dengan pplant 4 yang sanggup memproduksi matic (Honda BeAT) tiap 22d detik, maka untuk plant 5 rata-rata butuh waktu 4 menit untuk menghasilkan 1 unit CBR250RR secara utuh.

Setelah capek muter-muter, kami kembali ke tempat berkumpul yang sudah di tentukan dan dijemput menggunakan bus untuk kembali di aula dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Untuk sesi tanya jawab, admin akan jelaskan di artikel terpisah brosis.  Acara plant visit tersebut ditutup dan dilanjutkan dengan makan malam di jimbaran resto, di Ancol. Secara umum, Pabrik perakitan sepeda motor honda di karawang, yakni plant 4 dan 5 ini benar-benar menjaga kualitas produk dan juga keselamatan para pekerjanya. Semua proses di tangani secara rapi, terstruktur, runtut dan profesional. Semoga tahun depan admin masih diberi kesempatan untuk bisa berkunjung kembali ke pabrik AHM tersebut. aamiin

 

AHM Factory Visit, 55 Blogger dan Vlogger Otomotif Senusantara Sambangi Plant 4 dan 5 AHM di Karawang (3).jpegAHM Factory Visit, 55 Blogger dan Vlogger Otomotif Senusantara Sambangi Plant 4 dan 5 AHM di Karawang (1).jpeg

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply