Mengenal ESS Honda CBR 150R Facelift 2018, Begini Cara Kerjanya!

Yamaha

Mengenal ESS Honda CBR 150R 2018, Begini Cara Kerjanya! – Mas bro,. seperti kita ketahui bersama, Honda New CBR150R facelift 2018 mengusung fitur baru layaknya big bike Honda Goldwing dan Africa Twin, yakni berupa ESS atau Emergency Stop Signal.

Kali pertama di sematkan pada motorsport kubikasi 150CC tanah air, Fitur ESS ini hanya tersedia pada New CBR 150R facelift 2018 varian tertinggi yakni CBR 150R Facelift 2018 ABS.

Tentunya fitur baru ini sangat menarik untuk kita pelajari lebih lanjut. Bagaimana ESS bekerja dan kapan ESS mulai aktif.

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita ketahui dulu makna dari ESS pada Honda CBR 150R Facelift 2018 ini.

ESS atau Emergency Stop Signal adalah fitur keselamatan yang memberikan peringatan kepada kendaraan di belakang atau sekitarnya saat melakukan pengeremen mendadak atau tiba-tiba untuk menghindari potensi kecelakaan.

Sinyal berhenti darurat atau ESS secara otomatis mengaktifkan lampu hazzard ketika mendeteksi situasi penghentian darurat.

Kedua lampu sein depan dan belakang berkedip cepat untuk memperingatkan kendaraan di belakangnya saat New CBR 150R facelift 2018 berhenti tiba-tiba, sehingga mengurangi resiko tabrakan.

Sampai disini cukup jelas kan?? selanjutnya dalam kondisi yang bagaimana ESS akan aktiv??

Setidaknya ada 4 poin yang wajib terpenuhi agar ESS New Honda CBR 150R facelift 2018 bisa bekerja sebagaimana mestinya,.

  1. Kecepatan motor harus sama dengan 50 KPJ atau lebih. Jika melaju di bawah kecepatan 50 KPJ maka bisa di pastikan ESS tidak akan berkerja.
  2. Estimasi deselerasi atau penurunan kecepatan sama dengan atau 2.5 m/detik atau lebih
  3. ABS bekerja dengan baik sebagaimana mestinya.
  4. Rem depan atau belakang atau kedua rem dioperasikan

Jika keempat poin tersebut terpenuhi maka ESS akan aktif dan bekerja sebagaimana mestinya, jika salah satu saja tidak terpenuhi maka ESS tidak akan aktiv.

Cukup jelas ya mas bro?? last,. fitur ESS pada New CBR 150R facelift 2018 ini hanya membantu mengurasi resiko terjadi kecelakaan. Kontrol penuh dalam berkendara tetap di tangan rider, jadi usahakan untuk selalu berkendara #Cari_Aman dengan batas kecepatan yang dianjurkan. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.