Lewis Cornish dan Tommy Salim Berbagi Tips Ngetrail Bagi Pemula

Yamaha

Lewis Cornish dan Tommy Salim Berbagi Tips Ngetrail Bagi Pemula

Warungbiker.com – Brosis, dalam gelaran Honda CRF Day East Java Expedition yang di gelar oleh MPM Distributor dan AHM pada tanga 27-28 April 2019 lalu, admin berkesempatan untuk bertanya langsung dengan Lewis Cornish dan Tommy salim dalam sesi press conference.

Lewis Cornish yang merupakan pembalap supermoto dunia yang berasal dari UK dan Tommy Salim yang merupakan adik kandung Gerry Salim turut serta memeriahkan gelaran trabas yang melewati 3 Gunung yakni Gunung Mujur, Gunung Arjuno, dan Gunung Welirang.

Dalam sesi press conference tersebut, Lewis Cornish dan Tommy Salim tidak sungkan untuk berbagi Tips Ngtrail bagi pemula agar kegiatan trabas bisa dilakukan lancar tanpa kendala dari start hinga finish.

Menurut mereka ada bebera  hal penting yang harus diperhatikan, terutama bagi mereka yang pemula atau baru berniat menjelajah dengan motor trail.

  1. Motor Yang Sesuai

Lewis Cornish dan Tommy Salim menyebutkan bahwa pentingnya motor yang sesuai dengan kondisi medan. Setidaknya bagi pemula di sarankan untuk menggunakan motor dengan maksimal kubikasi 150 CC, selain bobot yang tidak telalu berat, ledakan power yang dihasilkan tidak terlalu besar namun lebih dari cukup untuk kebutuhan trabas dan mudah di kendalikan oleh pemula sekalipun.

  1. Safety Gear

Urusan keselamatan jadi hal kedua yang penting. Pelindung dibutuhkan untuk bagian-bagian vital pada tubuh. Safety gear tersebut meliputi sapatu, helm, pelindung dada hingga sarung tangan.

  1. Teknik dasar

Untuk teknik dasar, seorang pengendara trail di alam bebas harus sudah punya pengetahuan, ditunjang juga dengan stamina. Teknik dasar tersebut meliputi cara berkendara, mengatur gas, hingga penggunaan kopling serta posisi terjatuh yang aman. Tidak lupa teknik mendirikan motor yang benar jika saat trabas kita terguling.

  1. Pelajari Medan Jalan

Jangan asal masuk jalan tanpa menakar dulu medan jalan yang akan dipijak. Misalnya saja, lebih aman mana, lewat pinggir atau jalur yang terlihat punya jejak ban. Saat event bersama, perhatikan arahan saat breafing, baca peta dan ikuti jalur yang sudah di tentukan panitia.

  1. Hindari Jalan Berlumpur Yang Extreme

Bagi pemula, sebisa mungkin hindari jalan berlumpur yang berat. Salah satu persoalan di medan alam bebas adalah lumpur yang dalam . Bukan hanya karena membuat sepeda motor jadi susah dikendalikan, lumpur juga membuat pengendara terjebak.

  1. Peserta

Jika kegiatan ngetrail dengan jumlah peserta yang banyak, sebisa mungkin ambil start di awal. Hal ini memudahkan pemula karena jalan masih fresh / segar. Akan beda cerita jika jalan sudah di lalui oleh puluhan atau bahkan ratusan sepeda motor, hasilnya jalan akan rusak terlebih jalan yang becek dan tentunya akan menyulitkan bagi pemula.

Nah, itulah beberapa tips ngetrail bagi pemula yang di sebutkan oleh Lewis Cornish dan Tommy Salim saat sesi press conference kala itu. Semoga berguna.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.