Tips Memilih Sepatu Riding Yang Aman

Yamaha

Tips Memilih Sepatu Riding Yang Aman

Warungbiker.com – Brosis, salah satu safety gear yang perlu diperhatikan saat naik motor adalah sepatu. Tentunya, sepatu yang digunakan untuk riding sangat berbeda dengan sepatu untuk hang out, kerja dll.

Sepatu untuk riding wajib memiliki perlindungan dan mendukung keselamatan berkendara. Sepatu yang aman dapat meminimalisir cidera serius seandainya kita jatuh dari motor saat berkendara.

Lalu seperti apa sepatu yang baik untuk riding?

Berikut ini merupakan tips atau panduan memilih sepatu terbaik yang aman untuk riding yang admin kutip dari laman suzuki.co.id

1. Pilih Model Boots

Karena masuk dalam kategori safety gear, Anda wajib memakai sepatu model boots yang bentuknya tinggi. Hal ini dimaksudkan agar bagian area mata kaki dan tulang kering terlindungi.

Tentu saja untuk memberikan perlindungan ekstra, Anda wajib memilih sepatu boots dengan bahan berkualitas baik. Sangat disarankan untuk memilih sepatu boots yang terbuat dari kulit yang tebal dan fleksibel agar mampu mendukung pergerakan kaki.

2. Pilih Sol Karet Yang Kuat

Pastikan sepatu riding yang Anda pilih menggunakan sol karet yang kuat dan tidak licin. Sol karet dengan pinggiran yang dibentuk sempurna mampu memberikan daya cengkram yang lebih kuat di atas jalanan yang licin.

Dengan bahan ini, Anda akan lebih nyaman selama berkendara, dan terhindar dari resiko terpeleset saat mengoper gigi. Aturan ini berlaku juga bagi para pengendara motor matic dan bebek.

3. Sebaiknya Dijahit

Saat keluar dari toko, kebanyakan sepatu riding hanya ditempel dengan lem saja (bagian badan sepatu dan sol karet), tidak terkecuali untuk merek-merek premium.

Kekuatan sepatu yang dilem tidak sekuat sepatu yang di sol atau dijahit. Makanya, sebelum digunakan, pastikan Anda membawa sepatu tersebut ke tukang sol sepatu untuk dijahit agar sambungan antara badan sepatu dan sol jadi lebih kuat.

4. Menjaga Kaki Tetap Kering

Pastikan sepatu yang digunakan menjamin Anda tetap kering. Hal ini bisa didapat dengan adanya fitur pengunci di bagian atas sepatu agar air tidak masuk lewat celah atas. Selain itu, pilih sepatu yang terbuat dari kulit yang dipoles, nubuck, atau suede agar kaki tetap kering.

Selain itu, pilih sepatu yang memiliki banyak pengunci, terutama bagian atas sepatu, bagian tulang kering dan engkel, dengan begitu sepatu akan terasa nempel di kaki. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.