Waktunya Ganti Ban Mobil? Perhatikan 4 Faktor Berikut ini

Yamaha

Ban-Mobil-Waktunya-Ganti-Baru-Perhatikan-4-Faktor-Wajib-Berikut-Ini

Jurnaloto – Brosis, meter demi meter, kilo demi kilo di lalui oleh sebuah mobil tentunya sangat berpengaruh pada kondisi ban.Semakin jauh jarak yang di tempuh dan semakin berat medan yang di lalui tentunya akan mempercepat keausan ban.

Ban mobil itu bisa diibaratkan sebagai alas kaki, walaupun tampak sederhana, karet bundar ini ternyata berpengaruh banyak pada performa dan kenyamanan mengemudi.

Karena itulah pemilihan ban yang tepat harus dilakukan.  Tidak hanya sekadar penampilan, membeli ban juga harus memperhatikan 4 faktor berikut ini.

  1. Perhatikan Ukuran Ban

Tiap ban mobil punya ukuran yang berbeda-beda. Untuk itu, brosi perlu memperhatikan tipe dan ukuran ban. brosis bisa mengecek ukuran ban yang tepat untuk mobil tersebut pada plakat yang terdapat di pintu atau laci dashboard. Kadang juga ada di belakang tutup tangki untuk mengisi bahan bakar.

Kalau tidak menemukan panduan ukuran dan tipe ban mobil, coba cari di ulasan spesifikasi yang bisa Anda cari di internet atau akan lebih baik lagi jika langsung menanyakannya ke dealer resmi yang bersangkutan.

  1. Perhatikan Lebar dan Patern Ban

Ketika memperhatikan ukuran ban, jangan lupa juga untuk memperhatikan lebar ban tersebut. Biasanya, daya cengkram ban semakin tinggi jika ukuran bannya semakin lebar. Karena itu, lebih baiknya jika Anda pilih ban yang lebar dan bukan ban yang kecil (lebih tipis).

Tidak hanya lebar, Anda juga perlu memperhatikan patern ban pada mobil yang cocok ketika membelinya. Patern ban disarankan sesuai dengan daerah tempat tinggalmu. Jika tinggal di daerah yang punya curah hujan yang tinggi, disarankan memilih patern ban berbentuk V, karena kembangan bentuk V sangat baik untuk menghalau air ketika melaju di jalan yang basah atau tergenang.

  1. Perhatikan Ketebalan Ban

Mengecek ketebalan ban penting supaya perjalanan Anda di jalan yang rusak sekalipun bisa berjalan mulus tanpa gangguan yang berarti.  Perusahaan ban umumnya menetapkan standar khusus untuk ketebalan tiap ban yang diproduksinya.

Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko buruk bagi si pengemudi dan penumpang di dalam mobil.

  1. Pilih Ban Sesuai Kebutuhan

Kalau kendaraan tersebut adalah alat transportasi sehari-hari  pilih yang nyaman. Jika kebutuhan Anda adalah untuk melintasi daerah yang basah sehari-hari, berarti kebutuhan pola kembangan tapak ban punya peran paling penting.

Itulah faktor yang wajib diperhatikan saat beli ban mobil. Jika Anda masih kesulitan memilih ban yang tepat, jangan putuskan sendiri, cukup konsultasikan langsung dengan montir bengkel resmi atau orang yang berkompeten dalam bidang ini. Semoga berguna.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.