Pengalaman Bayar Pajak Motor di Indomaret, Mudah dan Praktis!!

Yamaha

Pengalaman Bayar Pajak Motor di Indomaret, Mudah dan Praktis!!

JurnalOto – Sejak april 2019 lalu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Timur AKBP Mohammad Aldian, dan Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur Boedi Prijo Soeprajitno,SH.,M.Si melakukan launching sistem pembayaran pajak secara online melalaui Indomaret.

Seluruh pemilik kendaraan bermotor yang terdaftar di Jawa Timur kini dapat membayar pajak kendaraan bermotor dan pengesahan STNK tahunan secara online di lebih 16.000 Indomaret di seluruh Indonesia.

Karena system di buat untuk memudahkan wajib pajak, admin pun tergoda untuk melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) melalui indomaret.

Alasan pertama tentu adalah kemudahan transaksi, sedangkan alasan kedua adalah motor yang akan diperpanjang pajaknya terdaftar di samsat nganjuk, sedangkan domisili admin adalah di kediri, tentunya akan sangat membuang waktu jika harus ke nganjuk dahulu hanya untuk membayar pajak kendaraan bermotor saja.

Karena ini adalah pengalaman pertama admin, maka admin sangat antusias membagikan via laman blog ini dengan harapan dapat berguna bagi pembaca yang ingin melakukan perpanjang pajak kendaraan via Indomaret.

  1. Pertama, admin datang ke Indomaret terdekat dengan membawa STNK asli motor yang akan dibayarkan pajaknya beserta KTP pemilik, namun tanpa KTP pun akan tetap dilayani kq sama mbak-mbak cantik
    indomaret.
  2. Sesampainya di Indomaret, admin langsung datang ke kasir mengutarakan maksud dan tujuan admin untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Selanjutnya pihak kasir akan menanyakan nomor polisi kendaraan, nomor mesin kendaraan dan nomor HP yang aktif untuk kirim link e-TBPKP
  3. Karena data sudah lengkap, maka akan muncul nama yang terdaftar di STNK dan nominal pajak yang harus admin bayarkan. Detilnya silahkan lihat gambar terlampir berikut ini :Pengalaman Bayar Pajak Motor di Indomaret, Mudah dan Praktis!! (1)
  4. Setelah terbayar, admin menerima struk bukti pembayaran dari indomaret seperti gambar terlampir diatas dan SMS yang berisi link ERI (Electronic Registration and Identification).
  5. Setelah link tersebut admin klik maka muncul gambar Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (e-TBPKP) yang dilengkapi dengan barcode (QR code) sebagai tanda bukti pelunasan pajak kendaraan dan bukti pengesahan STNK yang bisa disimpan atau dicetak. Lebih detil simak gambar terlampir berikut ini :Pengalaman Bayar Pajak Motor di Indomaret, Mudah dan Praktis!! (2)

Menurut mbak kasir Indomaret yang enggan di sebutkan namanya , Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (e-TBPKP) tersebut di bawa ke samsat untuk melakukan cetak Notice dan Stempel pengesahan STNK, karena di kwatirkan ada oknum polisi yang bisa saja melakukan penilangan karena tidak dilakukan pengesahan.

Namun, jika merujuk pada apa yang di ungkapkan Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Timur AKBP Mohammad Aldian saat launching sistem ini pada april 2019 silam, e-TBPKP yang admin terima sudah cukup tanpa perlu lagi kesamsat untuk cetak notice PKB.

“Ia menegaskan e-TBPKP yang dilengkapi dengan barcode (QR code) itu merupakan tanda bukti pelunasan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bukti Pengesahan STNK yang valid dan sah. “Jadi nantinya petugas yang melakukan razia bisa memverifikasi pengesahan dengan menggunakan scan barcode (QRcode),” Tegas AKBP Mohammad Aldian (http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/samsat-launching-bayar-pajak-motor-online-di-indomaret-se-indonesia)

Nah, itulah pengalaman berharga yang bisa admin bagikan kepada pembaca, semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Pengalaman Bayar Pajak Motor di Indomaret, Mudah dan Praktis!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.