Menghitung Biaya Service Honda Genio 1 Tahun Pertama

Diposting pada

WARUNGBIKER.COM – PT. Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen sepeda motor merk Honda di tanah air mempunyai berbagi ragam produk di berbagai kelas pasar, salah satunya adalah pasar skutik.

Pasar skutik di tanah air memang cukup menggiurkan bahkan mendominasi dibandingkan dengan sepeda motor tipe lainnya. Tidak heran jika AHM terus menghadirkan berbagai varian di kelas ini. Yang terbaru, AHM merilis Honda Genio 110 eSP pada bulan Juni 2019 lalu. Skutik ini menyasar pengguna muda atau kaum milenial yang demen eksis.

Meski tergolong skutik baru, Kehadiran Honda Genio 110 eSP cukup baik diterima pasar tanah air, tentunya tidak salah jika admin mencoba membedah serba-serbi soal perawatan motor ini.

Menghitung Biaya Service Honda Genio 1 Tahun Pertama

Sesuai judul di awal artikel ini, admin ingin membedah tentang biaya service yang harus di keluarkan pengguna selama 1 tahun pertama memiliki Honda Genio 110 eSP. Dalam pembelian, konsumen mendapatkan 4 Kupon Gratis service berkala dengan dengan 1 kali oli gratis dengan jarak maksimum 12.000 KM / 12 bulan sejak tanggal pembelian.

Mengutip data dari buku service, setidaknya ada 23 poin perawatan yang harus di lakukan mekanik saat konsumen melakukan service Berkala di jaringan AHASS di seluruh Indonesia.

Ke-23 poin tersebut meliputi Saluran Bahan Bakar, Cara Kerja Gas Tangan, Saringan Udara, Pernapasan Bak Mesin, Busi, Jarak Renggang Klep, Oli Mesin, Saringan Kasa Oli Mesin, Putaran Stasioner Mesin,Drive Belt, Oli Final Drive, Tegangan Aki, Minyak Rem, Kausan Kampas Rem, Sistem Rem, Parking Brake Lock, Arah Sinar Lampu Depan, Kausan Kampas Kopling, Standar Samping, Suspensi, Mur/Baut/Pengencang, Roda/Ban dan Bantalan Kepala Kemudi.

Poin-poin perawatan tersebut, oleh mekanik akan di lakukan Pemeriksaan, diBersihkan dan Penggantian sesuai jarak (KM) atau waktu (bulan) yang telah di tentukan sbb :

Jadwal-Perawatan-Berkala-Honda-Genio

Berdasarkan tabel diatas, terdapat 3 poin perawatan (marking kuning) yang mana konsumen harus mengeluarkan biaya saat melakukan service berkala di jaringan AHASS.

Ke-3 poin yang biayanya harus di tanggung konsumen adalah penggantian Oli Mesin (MPX 2) pada sevice Ke-2, Ke-3 dan Ke-4. Penggantian Busi dan Oli Gardan pada service ke-3 (8000km). Selebihnya masih gratis, karena adanya kupon service gratis dalam paket pembelian sepeda motor ini.

Jika dihitung dengan angka rupiah, Perawatan Selama 1 tahun pertama memiliki Honda Genio 110 eSP adalah sbb :

HET-Sparepart-Kediri.jpg

Jadi, selama 1 tahun pertama, pemilik Honda Genio 110 eSP hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp. 164.500,- untuk perawatan berkala. Nilai tersebut jika perawatan dilakukan sesuai dengan jadwal / jarak tempuh service berkala. Biaya bisa saja lebih besar tergantung dari anomali pengguna sepeda motor. Terimakasih, semoga bermanfaat.

19 komentar.

  1. Murah banget. Masih banyakan buat beli bensin-nya tiap hari…

    Dulu jaman awal-awalnya pengaplikasian teknologi injeksi, banyak orang yang paranoid lantaran isu kalo injektor rusak harus ganti satu set. Tapi seiring jaman, sekarang ketauan kalo resiko kerusakan injektor tidaklah sedemikian ngeri-nya.

    Spacy sy udah 6 taun, udah pernah kerja berat selama 3 taun sampe mesin jebol… servis besar… turun mesin… part di area CVT hampir ganti semua (kecuali pulley)… tapi injektornya tetep sehat wal-afiat.

    Sekarang artikel ini menjadi bukti baru bahwa perawatan Genio segitu iritnya… yang secara global bisa diartikan: ‘perawatan motor skutik injeksi itu murah’.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *