6 Tips Aman Menggunakan Genset di Rumah Saat Listrik Padam

Yamaha

6-Tips-Aman-Menggunakan-Genset-di-Rumah

6 Tips Aman Menggunakan Genset di Rumah Saat Listrik Padam – Curah hujan yang tinggi dan diiringi angina kencang melanda berbagai wilayah di Indonesia, khususnya pulau jawa.

Banyak kejadin banjir dan tanah longsor diberbagai daerah, baru-baru ini Jakarta dan sekitarnya terdampak banjir paling parah sehingga banyak masyarakat kekurangan air bersih, pakaian layak pakai, makanan sehari-hari hingga pemadaman listrik yang menyebabkan terganggunya aktifitas sehari-hari.

Bagi sebagian orang, masalah pemadaman listrik bisa diatasi dengan menggunakan GenSet untuk menyuplai listrik. GenSet jadi solusi karena pengunaannya yang praktis di berbagai kondisi.

Meski praktis, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan saat menggunakan Genset. Karena listrik yang dihasilkan cukup besar, jika salah penggunaan bisa berbahaya dan yang paling fatal adalah terjadi kematian akibat tersengat aliran listrik genset.

Nah, untuk mengurasi resiko tersebut, Muhammad Islah selaku Manager Service Center Ryu Powertools memberikan 6 Tips Aman Menggunakan Genset di Rumah Saat Listrik Padam.

  1. Saat digunakan letakkan Genset di luar ruangan dengan sirkulasi udara cukup serta teduh agar terhindar dari panas matahari langsung dan basah karena hujan. Jangan pernah mengunakan genset di dalam ruangan, karena saat mesin genset menyala menghasilkan karbon monoksida beracun yang sangat berbahaya jika terhirup oleh manusia.
  1. Pastikan Genset di letakkan di tempat yang datar, hal ini untuk menghindari Genset berpindah posisi saat mesin menyala. Karena saat pemakaian, genset menghasilkan getaran yang dapat membuat genset berpindah posisi.
  1. Pastikan BBM dan OLi mesin genset telah terisi.
  1. Saat akan menggunakan listrik yang dihasilkan Genset, mulailah menyalakan peralatan yang konsumsi daya listriknya besar baru kemudian peralatan listrik yang konsumsi daya listriknya kecil.
  1. Letakkan kabel Genset di jalur yang kering.
  1. Sebelum menyalakan genset harus dipastikan tidak ada arus listrik PLN yang sedang menyala (saklar MCB harus pada posisi turun/off).

Itulah 6 Tips Aman Menggunakan Genset di Rumah Saat Listrik Padam yang bisa kalian lakukan. Terimakasih, semoga bermanfaat.

21 thoughts on “6 Tips Aman Menggunakan Genset di Rumah Saat Listrik Padam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.