tips merawat motor saat musim hujan

Ini 9 Tips Jitu Merawat Motor Saat Musim Hujan

Diposting pada

WARUNGBIKER.COM – Sejak penghujung tahun lalu hingga kini, musim hujan sudah mulai datang di berbagai daerah. Bahkan, curah hujan ynag tinggi menyebabkan banjir dan tanah lonsor di beberapa wilayah.

Karena curah hujan yang cukup tinggi, kita sebagai biker yang setiap hari menggunakan sepeda motor untuk mobilitas, mau tidak mau harus menerjang derai air hujan agar tetap produktif dalam bekerja atau hanya keperluan touring saja.

Nah, karena keseringan menerjang derai air hujan, ternyata kita harus punya tips khusus untuk merawat motor agar selalu prima. Air hujan meski bening seolah-olah seperti air biasa, ternyata punya kadar zat asam yang cukup tinggi lho, kalau dibiarkan di motor terus-meneruh dapat menimbulkan kerusakan pada body dan piranti lainnya.

Tentunya kalian tidak mau itu terjadi pada motor kesayangan?? oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi info tentang 9 Tips Jitu Merawat Motor di Musim Hujan yang tertuang dalam poin-poin sebagai berikut :

1. Body

Karena air hujan mengandung zat asam dalam kadar tertentu, kalau dia dibiarkan menempel di body motormu bisa berpotensi mengurangi kilau pada cat motor bahkan menimbulkan karat. Nah kamu harus rajin nih mencuci motormu. Kalau waktumu terbatas, kamu bisa kok hanya menyiram seluruh body dan bagian-bagian penting lainnya dengan air bersih. Jangan lupa dilap hingga kering.

2. Ban

Jalanan yang licin membuat ban mudah selip saat hujan dan ini membahayakan buat kamu. Salah satu perawatan ban yang harus rutin kamu lakukan adalah memeriksa tekanan ban. Jika tekanan dari banmu kurang, maka telapak ban yang bersentuhan dengan permukaan jalan semakin lebar. Hal ini bisa bisa mengurangi tarikan motormu dan mempercepat penipisan ban motor, alias ban motormu bisa gundul lebih cepat.

3. Rantai

Rantai motor sangat rentan oleh karat, Jadi kalau kamu tidak  rajin membersihkan, maka siap-siap saja rantai motormu karatan dan tidak bisa bekerja dengan maksimal. Selain itu, mengencangkan setelan dan melumasi rantai juga penting dilakukan secara rutin.

4. Kampas Rem dan Piston Cakram Rem

Karena kampas rem terbuat dari asbes, jika terkena air akan menimbulkan gelembung yang akan mengeras saat kering. Jadi setiap selesai mencuci motor, sebaiknya kamu sering-sering menginjak pedal rem supaya kampas cepat kering dan rem motor tidak keras saat diinjak. Sedangkan untuk rem cakram, sebaiknya kamu rajin bersihkan. Hal ini karena rem cakram bersifat terbuka jadi ketika kamu menerjang genangan air, kotoran bisa menempel.

5. Busi

Ini nih yang bikin motormu susah nyala kalau kondisinya kotor atau basah. Makanya setiap setelah membersihkan motor, sebaiknya cabut karet penutup busi untuk ditiup dan dibersihkan dengan lap. Jangan lupa bersihkan kabel dan businya juga.

6. Filter Udara

Komponen ini berfungsi menyaring udara kedalam ruang bakar. Seteleh menerjang genangan air yang cukup tinggi saat hujan, tidak menutup kemungkinan ada air yang ikut terhisap. Ada baiknya dicek, dan dilakukan pembersihan dan dikeringkan. Akan sangat berbahaya jika terdapat air di filter udara terhisap ke ruang bakar yang mana menyebabkan mesin mogok atau bahkan kerusakan komponen karena water hammer.

7. Knalpot

Biasanya, kotoran air hujan akan menempel di bagian dalam dan leher knalpot. Cara membersihkannya gampang kok, pertama keluarkan air hujan yang masuk ke dalam knalpot hingga kering, terus semprotkan oli ke bagian dalam knalpot dan olesi bagian lehernya dengan grease atau gemuk. Setelah itu, panaskan motor selama kurang lebih 5 menit. Dengan begitu, sistem pembuangan pada motormu akan tetap berfungsi dengan sempurna.

8. Velg

Komponen ini juga merupakan bagian motor yang paling rawan terjadi karat apalagi jika motormu menggunakan velg jari-jari/kaleng. Nah bagian yang mudah keropos ada di bagian dalam. Makanya pastikan velg motormu benar-benar kering setelah mencuci motor yaa.

9. Kabel Body

Demi keselamatanmu berkendara, pastikan kabel body dan socket-nya terhindar dari air yaa karena bisa menyebabkan korsleting. Hal ini akhirnya juga bakal merusak komponen kelistrikan lain di motormu.

Nah itulah 9 komponen yang harus  diperhatikan dan bersihkan secara rutin agar motor selalu prima saat digunakan di musim penghujan. Terimkasih, semoga berguna.

34 komentar.

  1. Tips di musim hujan ala daku, sesibuk2nya keterbatasan waktu, setiap habis pulang kena hujan, setelah beberes badan motor langsung disiram untuk sekedar merontokkan kotoran dan air hujan yang nempel, gak mesti langsung cuci

    Soal nyuci usahakan kotoran akibat hujan tidak lebih dari 1×24 jam nempel di motor, kl gak sempet nyuci sendiri bawa ke steam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *