Fungsi Cairan Pendingin Untuk Motor

Sob! Ini Lho Fungsi Cairan Pendingin Honda Buat Motormu

Diposting pada

warungbiker.com – Sob! Ini Lho Fungsi Cairan Pendingin Honda Buat Motormu.

Brosis sekalian, salah satu faktor penentu performa mesin motor Honda-mu tetap optimal adalah sistim pendingin yang mumpuni.

Sistem pendingin ini berfungsi menjaga temperatur mesin pada suhu ideal, sehingga kinerja dan peforma yang dihasilkan mesin tetap prima dan sesuai dengan spesifikasi.

Khusus untuk motor yang menggunakan sistim pendingin radiator, maka cairan pendingin yang lebih dikenal dengan coolant punya fungsi yang sangat vital.

Fungsi Cairan Pendingin (Coolant) ini adalah Menjaga suhu kerja mesin supaya tetap ideal dan menghindari over heating (kepanasan) pada mesin melalui sirkulasi Radiator ke water jacket pada silinder.

Selain berfungsi menyerap panas mesin, ternyata COOLANT punya fungsi penting lainnya untuk motor Honda-mu lho.

Mengutip  laman Intagram @MPMHondaJatim, bahwa COOLANT bisa berfungsi sebagai indikator jika terjadi kebocoran pada mesin, khususnya seal pompa radiator ataupun gasked silinder head.

Mesin akan sulit dihidupkan, bahkan yang paling parah oli mesin tercampur dengan COOLANT. Jika itu terjadi, bisa dipastikan terjadi kebocoran pada mesin motor kesayanganmu.

Selain itu, COOLANT juga berfungsi mencegah karat pada radiator dan di dalam water jacket silinder.   Bisa dibayangkan jika terjadi karat/kerak pada saluran pendingan radiator, maka mesin motor akan overheat atau kepanasan. Jika dipaksakan dikendarai, efek terburuk adalah motor ngejim atau ceket.

Fungsi Cairan Pendingin

Oleh karena itu, sangat dianjurkan menggunakan COOLANT di bandingkan dengan air biasa pada radiator. Karena air biasa dapat menimbulkan kerak pada saluran pendingin, sehingga sistim pendingin tidak bekerja secara optimal.

Kendati dapat bekerja optimal, COOLANT sebaiknya diganti saat kendaraan sudah menempuh jarak 36.000 KM atau maksimal 3 tahun penggunaan.

Untuk melakukan penggantian, brosis bisa melakukan sendiri atau dibawa ke bengkel resmi dan ditangani oleh mekanik yang terlatih.

Demikian informasi yang membahas mengenai Fungsi Cairan Pendingin Honda Buat Motormu. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di www.warungbiker.com. Jangan lupa untuk bagikan melalui Instagram, facebook dan twitter jika dirasa artikel yang admin tulis tersebut bermanfaat. Sampai ketemu di postingan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan