Kenapa Rem ABS Honda PCX 160 Cuma Single Channel?

Diposting pada

warungbiker.com – brosis sekalian, PT. Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen sepeda motor Honda di tanah air telah meluncurkan PCX 160 sebagai suksesor PCX 150 yang sebelumnya ada.

PCX 160 ini mengusung beberapa ubahan baru di banding versi terdahulu yakni :

  1. Mesin Baru 156.9 CC, 4 klep yang lebih bertenaga
  2. Design keseluruhan lebih fresh dan sporty
  3. New USB charger type A
  4. New LCD Panel Meter Design
  5. Larger U-box (30 Liter)
  6. Larger Fuel Tank (8,1 Liter)
  7. New Cast Wheel Design
  8. Pijakan Kaki lebih luas
  9. HSTC untuk varian ABS.

Nah, yang cukup menjadi perhartian adalah adanya fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control) yang sangat berguna jika medan/ jalanan yang dilalui dalam keadaan basah, sehingga menghindari ban slip atau memutar saat hujan atau jalan licin.

Kendati sudah dibekali HSTC, nyatanya piranti ABS hanya dibenamkan pada rem depan, sedangkan untuk rem belakang tidak disematkan piranti ABS (Single Channel).

Padahal kompetitor dikelas ini sudah menggunakan ABS Dual Channel.

Tentunya kita penasaran dengan penggunaan ABS single channel pada PCX 160 ini??

Junpei Omori, Chief Engineer, Completed Vehicle Management Section, Completed Vehicle Development Department, Manufacturing Center, Motorcycle Business Headquarters, Honda Giken Kogyo menuturkan kenapa PCX 160 masih menggunakan ABS Single channel.

” Kami ingin memperluas adopsi ABS depan dan belakang, tetapi hal itu akan menaikkan harga kendaraan. Sekalipun bagian belakang terkunci, mudah dikendalikan jika itu adalah skuter.

Potensi Crash yang tinggi saat bagian depan terkunci, kami memutuskan untuk menggunakan ABS di bagian depan terlebih dahulu, mengingat kami dapat memberikan rasa aman dari ABS dengan harga yang murah.

Di Jepang, CBS (rem kombinasi) untuk 125cc atau kurang dan ABS untuk 126cc atau lebih harus dipasang, tetapi PCX juga memiliki spesifikasi CBS tergantung tujuannya.”

Nah, terjawab sudah kenapa PCX 160 tidak menggunakan ABS dual channel, selain karena regulasi yang belum mewajibkan, harga masih jadi pertimbangan utama piranti ABS dual channel tidak disematkan pada PCX 160. Terimakasih, semoga berguna.

Tinggalkan Balasan