Honda CBR250RR SP 2020

Beda Spek, Quick Shifter Honda CBR250RR SP Tidak Bisa Dipasang di Tipe Lama

Diposting pada

warungbiker.com – brosis sekalian, jika kalian punya Honda CBR250RR versi lama baik untuk tipe standar maupun ABS, dan punya niatan memodifikasi dengan menambahkan Quick Shifter, rasanya brosis sekalian harus legowo tidak bisa menikmati fitur ini seperti yang ada pada Honda CBR250RR SP.

Jika berharap piranti tersebut PNP (Plug n Play), buang jauh-jauh pikiran tersebut, karena dari segi spek ada beberapa perbedaan yang membuat Quick Shifter tidak bisa dipasang pada Honda CBR250RR tipe standar maupun ABS.

Berbeda dengan piranti Quick Shifter yang dijual di pasaran, ternyata Quick Shifter Honda CBR250RR SP lebih kompleks dengan berbagai input sensor dan cara kerja.

Seperti yang diungkapkan Pak Widijanto, selaku Technical & Development Supervisor PT MPM Distributor saat Bedah Teknologi CBR250RR SP dengan blogger jatim, bahwa terdapat 9 input sensor pada sistem kerja Quick Shifter Honda CBR250RR SP. Sehingga, Quick Shifter Honda ini lebih presisi dibandingkan dengan piranti QS yang dijual dipasaran yang hanya mematikan sesaat pengapian.

Imput sensor pada Honda CBR250RR SP tersebut meliputi Sensor Shift Stroke, Switch Kopling, Sensor CKP, Switch Shift Spindle, Sensor Shift Drum Angle, Sensor Kecepatan Roda Belakang, Sensor Kecepatan Kendaraan, Sensor Kecepatan Roda Depan dan APS (Accel Position Sensor).

Data dari berbagai sensor tersebut diolah oleh ECM dengan menghasilkan output kontrol ke Pengapian dengan mematikan sesaat Coil, Injector dengan mengurangi suplay bahan bakan dan Throttle body yang mana katup kupu-kupu tertetupu sesaat untuk mengurangi asupan udara.

Dari keterangan diatas, dapat disimpulkan bahwa terdepat sensor yang hanya ada pada Honda CBR250RR SP saja, yakni Switch Shift Spindle dan Sensor Shift Drum Angle yang mana tidak dapat dengan mudah ditambahkan/dimodifkasi pada mesin Honda CBR250RR tipe standar/ABS.

Sensor Quick Shifter Honda CBR250RR SP

Dikarenakan beda spek tersebut, maka Quick Shifter Honda CBR250RR SP Tidak Bisa Dipasang di Tipe Lama.

Nah, Opsi paling mudah adalah dengan menjual Honda CBR250RR tipe lama baik standar/ABS kemudian beli lagi Honda CBR250RR SP Quick Shifter. hehehe. terimakasih, semoga berguna.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan