Yamaha

Ganti Kampas Rem Belakang Suzuki NEX 2 – warungbiker.com

Ganti Kampas Rem Belakang Suzuki NEX 2

WARUNGBIKER.COM – Bro sekalian, tidak terasa Suzuki NEX 2 tunggangan admin sudah menempuh jarak sejauh 27.000 KM. Setahun lebih menemani aktivitas admin, daya pengereman belakang terasa kurang maksimal.

Konsultasi dengan rekan yang memang profesinya sebagai mekanik, disarankan untuk dilakukan penggantian karena saat dicheck indikator kampas belakang sudah sampai batasnya.

Tidak belama-lama, admin bergegas untuk melakukan penggantian kampas Rem sendiri. Ya, untuk urusan ganti kampas rem, skill admin masih cukup bisa, karena hanya melakukan beberapa langkah pembongkaran saja.

Pertama yang harus dilepas adalah knalpot, cukup dengan menggunakan kunci T ukuran 10 mm dan 14 mm. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah terlebih dahulu melepas soket kabel O2 sensor. Tidak seperti skutik pada umumnya, letak sensor O2 Suzuki NEX 2 terletak di leher knalpot.

Selanjutnya lepas roda belakang dengan menggunakan kunci sok ukuran 24 mm. Pergunakan stang panjang agar lebih ringan saat melepas mur roda belakang. Untuk memudahkan melepas roda, jangan lupa kendorkan mur rem belakang.

Setelah roda terlepas, selanjutnya lepas kampas rem, bersihkan dudukan kampas dengan udara bertekanan agar debu bekas pengereman bersih. Selanjutnya gantilah kampas rem Suzuki NEX 2 dengan yang baru.

Setalah penggantian selesai dilakukan, selanjutnya adalah pasang kembali roda belakang. Namun sebelum itu, bersihkan tromol dengan dengan udara bertekanan atau cuci bersih dengan dengan air sabun dan keringkan. Setelah roda terpasang dengan benar jangan lupa kencangkan mur dengan kunci sok ukuran 24 mm yang tersedia.

Selanjutnya pasang kembali knalpot beserta kabel O2 sensor pada socket yang tersedia. Langkah terakhir adalah setel mur rem belakang dan sesuaikan dengan kebutuhan pengendara.

FYI, kampas rem belakang Suzuki NEX 2 memiliki kode part 64400-09J10-000 dan harganya cukup terjangkau yakni Rp. 50.000,- saja.

9 komentar untuk “Ganti Kampas Rem Belakang Suzuki NEX 2”

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: