Ini Bahaya Kendaraan ODOL (Over Dimension Over Load)

Ini Bahaya Kendaraan ODOL (Over Dimension Over Load)

Diposting pada

warungbiker.com – Brosis sekalian, tentunya kalian pernah dong menjumpai sebuah kendaraan khususnya truck barang yang diberhentikan Polisi karena muatannya berlebih.

Mungkin banyak dari kita bertanya-tanya, Kenapa sih Satlantas bersama pihak terkait sering sekali melakukan Operasi kendaran Over Dimension & Over Load atau yang lebih dikenal dengan kendaraan ODOL ini?

Jadi gini brosis sekalian, mengutip rilis SATLANTASRESKEDIRI via channel Telegram (28/08/2020), kendaraan ODOL (Over Dimension & Over Load) itu selain dapat membahayakan diri pengendara sendiri juga dapat membahayakan pengendara lainnya yang sama-sama menggunakan jalan raya.

Setidaknya ada 5 Potensi bahaya yang bisa ditimbulkan dari kendaraan ODOL ini.

1. Pengereman Tidak Maksimal

Beban yang berlebih akan membuat kinerja rem bekerja lebih keras dan makin panas. Efeknya, pengereman lebih panjang dan akan membuat sistem pengereman mengalami kegagalan atau blong.

2. Memperbesar Blind Spot

Blind spot, area buta bagi pengemudi sekaligus area berbahaya bagi pengendara lain. Makin panjang dan lebar dimensi kendaraan, atau makin berlebih muatan yang dibawa maka akan makin besar pula area buta kendaraan. Secara otomatis, penglihatan pengemudi terhadap objek sekeliling makin minim, sehingga menimbulkan potensi bahaya yang lebih besar karena pengemudi bisa saja tidak menyadari kendaraannya menyerempet kendaraan lain.

3. Tidak Kuat Menanjak

Tidak kuat menanjak merupakan potensi bahaya kendaran ODOL yang kerap terjadi. Saat beban terlalu berat, kemiringan tanjakan terlalu tajam dan tenaga kendaraan tidak akan kuat menanggung beban dan akhirnya kendaaran menjadi mogok karena tidak kuat menanjak.

4. Ruang Gerak Terbatas

Bodi terlalu besar tentu akan membutuhkan area luas untuk bermanuver. Dengan dimensi berlebih dan muatan yang tinggi, akan membuat pergerakan kendaraan ODOL makin terbatas sehingga hanya di lokasi-lokasi lapang saja yang bisa dilalui.

5. Kendaraan Rusak Di tengah Jalan

Dari permasalahan ODOL ini paling sering menemui kendaraan-kendaraan yang mengalami kerusakan seperti sasis bengkok atau patah karena berat muatan jauh melebihi daya angkut maksimal sasis dan kejadian ban meletus.

Nah, sekarang sudah tahu kan kenapa Satlantas bersama pihak terkait sering sekali melakukan Operasi kendaran Over Dimension & Over Load (ODOL) ini. Ya karena memang membayakan bagi pengguna jalan lain.

Kita sebagai sesama pengguna jalan raya, pastinya enggan menerima bahaya atau kerugian yang ditimbulkan oleh pengguna jalan lainnya yang enggan mematuhi aturan, salah satunya kendaraan ODOL ini. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan