Ini Tanda V-Belt Motor Skutik Waktunya Ganti

Ini Tanda V-Belt Skutik Waktunya Ganti

Diposting pada

warungbiker.com – bro sekalian, bicara soal kepraktisan, sepeda motor jenis skutik memang jagonya dibanding sepeda motor jenis lainnya.

Kita tidak perlu repot pindah gigi untuk meningkatkan kecepatan atau bahkan menarik tuas kopling seperti halnya motor sport.

Cukup tarik tuas gas, maka sepeda motor jenis skutik langsung ngacir dan otomatis bertambah kecepetannya saat kita puntir gas lebih dalam.

Salah satu piranti penting yang harus diperhatikan pada sepeda motor skutik adalah V-Belt. Ya, part inilah yang berfungsi meneruskan putaran mesin sampai keroda belakang.

Karena punya fungsi cukup penting, bro sekalian harus extra dalam memberikan perawatan. Kalau V-belt sampai putus, bisa dipastikan skutik hanya akan diam ditempat dan enggan diajak jalan meski kondisi mesin hidup.

Oleh karena itu, sebagai pengendara, kita harus peka terdahap tanda-tanda skutik yang kita miliki waktunya ganti V-belt.

Juni Kristanto, kepala bengkel AHASS Agung Putra Motor mengungkapkan, setidaknya terdapat 3 tanda pada skutik Honda bahwa V-belt waktunya diganti.

  1. Skutik terasa getar saat tuas gas mulai dipuntir. Bisa jadi penyebabnya adalah V-belt mulai retak/aus.
  2. Tarikan skutik terasa berat. Karena V-belt aus, tenaga dari mesin tidak tersalurkan secara sempurna ke roda belakang. Hal ini juga bisa menyebabkan konsumsi BBM semakin boros.
  3. Terdapat bunyi kasar pada area CVT.

Nah, ketika bro sekalian menemui tiga tanda tersebut. ada baiknya dilakukan pemeriksaan agar V-belt putus di jalan bisa dihindari.

Juni Kristanto juga menambahkan, untuk perawatan skutik Honda ada baiknya dibawa ke AHASS agar ditangani mekanik terlatih dan sparepart dijamin keasliannya.

“Batas maksimum penggantian V-belt adalah 30.000 km. bagaimanapun kondisinya, disarankan untuk diganti dengan V-belt yang baru” tutup Juni Kristanto.

Nah, itulah 3 tanda V-belt skutik waktunya ganti yang harus bro sekalian ketahui. semoga berguna.

Tinggalkan Balasan