Yamaha

Ini Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Busi Sepeda Motor – warungbiker.com

Ini Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Busi Sepeda Motor

waktu ganti busi motor

Warungbiker.com – Kediri. Bro sekalian, busi menjadi salah satu komponen penting dalam sepeda motor.

Part satu ini berfungsi untuk membakar campuran udara dan bensin yang telah dikompresi dalam ruang bakar dengan memercikan bunga api.

Karena punya fungsi yang cukup vital, Busi wajib diganti secara berkala agar performa motor tetap terjaga.

Malas mengganti busi bisa merugikan, paling parah adalah kerusakan berantai pada sistem kelistirkan sepeda motor.

Lalu bagaimana mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti busi?

Menurut Juni Kristanto, kepala bengkel di salah satu AHASS di Kediri mengungkapkan, “ Ada gejala tertentu yang menandakan bahwa busi sepeda motor waktunya ganti. Pertama adalah performa mesin yang mulai turun, kadang kala disertai brebet saat motor dikendarai.”

Cara paling mudah untuk mengetahui performa mesin yang mulai turun akibat busi adalah dengan menggunakan kendaraan di jalan menanjak.

Biasanya saat sampai di pertengahan, mendadak laju mesin akan menjadi berat, tidak seimbang dengan putaran gas yang dikeluarkan.

Bila sudah demikian, Juni menyarankan pemilik kendaraan untuk segera mengecek busi, bahkan menggantinya dengan yang baru.

“Busi dianjurkan untuk diganti setiap kendaraan mencapai 8.000 KM, dalam kondisi tertentu penggantian busi bisa berlangsung lebih cepat jika kualitas BBM yang digunakan buruk” ujar Juni.

Masih kata Juni, untuk menjaga kualitas untuk sepeda motor Honda dianjurkan di ganti di AHASS yang pasti menggunakan suku cadang asli.  

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: