Yamaha

Kapan Waktu Yang Tepat Ganti Filter Udara Sepeda Motor? – warungbiker.com

Kapan Waktu Yang Tepat Ganti Filter Udara Sepeda Motor?

Ganti Filter Udara Sepeda Motor

Warungbiker.com – Kediri. Bro sekalian, salah satu piranti yang perlu dilakukan perawatan rutin pada sepeda motor adalah filter udara.

Part ini berfungsi menyaring udara kotor yang hendak masuk keruang bakar. Saringan udara sendiri ada dua jenis yakni basah dan kering.

Karena punya fungsi vital, keduanya membutuhkan perawatan rutin dan juga penggantian seacara berkala agar performa motor tetep terjaga.

Menurut Koko, salah satu mekanik AHASS Agung Putra, Kediri. “ Filter udara perlu di periksa dan dibersihkan secara berkala. Disarankan setiap 2000 km, supaya kotoran yang menempel tidak terlalu tebal. Caranya pukul-pukul kecil filter udara agar debu rontok. Dilap dan dikuas ringan juga bisa.” Ungkap Koko yang telah mengabdi pada AHASS tersebut sejak 2010.

Akan tetapi, waktu membersihkan filter udara tersebut bisa saja lebih cepat dari batas yang ditentukan jika motor sering melintasi jalan berdebu.

Tidak selama filter udara dipakai, karena memiliki batas usia pemakaian maksimal, jika sudah mencapai batas maksimal pemakai filter udara harus diganti.

Lalu kapan waktu yang  tepat untuk mengganti filter udara motor ?

Masih menurut Koko, “Untuk saringan udara disarankan diganti jika sudah menempuh jarak 16.000 km, tergantung kondisi jalan yang dilalui. Jika sering digunakan di lingkungan yang udaranya kotor, maka penggantian filter udara bisa dilakukan lebih cepat.”

2 komentar untuk “Kapan Waktu Yang Tepat Ganti Filter Udara Sepeda Motor?”

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: