Ini Tanda V-Belt Motor Skutik Waktunya Ganti

Punya Motor Skutik? Perhatikan 3 Komponen Berikut Ini!

Diposting pada

WARUNGBIKER.COM – Tidak dipungkiri, saat ini sepeda motor skutik sudah mendominasi populasi kendaraan roda dua tanah air. Hampir dalam segala lini kehidupan, skutik selalu jadi pilihan untuk menunjang mobilitas baik itu untuk kebutuhan transportasi atau bahkan untuk menunjang pekerjaan.

Karena berperan penting dalam menunjang mobilitas kita, pemilik skutik harus punya perhatian lebih untuk merawat kendaraan sehingga hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya mogok dijalan bisa di hindari.

Nah, ngomongin soal perawatan, khusus untuk sepeda motor skutik tidak melulu cuma rutin ganti oli saja lho, setidaknya ada 3 komponen lain yang penting untuk dirawat dan diperhatikan.

Ketiga komponen tersebut adalah komponen yang terdapat pada transmisi otomatis atau CVT (Continuously Variable Transmission), yakni V-belt, Roller dan kampas kopling.

Seperti diungkapan Koko Wijanarko selaku Service Advisor (SA) Ahass Agung Putra, Kediri. “ Sepeda motor skutik, selain dilakukan perawatan rutin berupa ganti oli, area CVT juga harus diperhatikan khususnya V-belt, Roller dan kampas kopling agar performa motor tetap terjaga. Harus di check sesuai jadwal perawatan ,apabila kotor harus di bersihkan dan diukur batas minimum / maksimum komponen yang terdapat dalam CVT, jika ada yang aus harus dilakukan pergantian”.

Yang pertama, V-Belt, jika tidak terawat bisa menyebabkan masalah dan bahaya saat motor sedang melaju di jalan. Khusus untuk skutik Honda seperti Beat, Vario, Genio dll V-belt harus di ganti saat motor sudah menempuh jarak 24.000 km.

Selanjtunya, roller. Komponen ini juga tak kalah penting untuk dirawat. Walaupun bentuknya kecil, tapi fungsinya cukup besar. Roller pada motor matik terdiri dari 6 buah. Kalau rusak satu roller, disarankan untuk diganti semuanya. Gejala yang ditimbulkan jika roller rusak bisa kita ketahui dari adanya bunyi atau suara berisik (cetak-cetak) pada area CVT.

Ketebalan dari kanvas kopling juga wajib diperhatikan, karena jika sudah di bawah batas servis akan sangat berbahaya jika digunakan karena bisa merusak komponen CVT lainnya seperti mangkok kopling.

Itulah 3 komponen yang wajib diperhatikan perawatannya oleh teman-teman selaku pemilik skutik. Untuk yang tidak suka ribet, serahkan perawatan CVT pada jaringan Ahass terdekat. Terimakasih, semoga berguna.

23 komentar.

  1. berarti hanya melihat odometer ya untuk waspada tenatng umur part2 tersebut ?
    sedangkan yang mampu memperhatikan secara riil cuma mekanik, karena posisi part tersebut di dalam cvt yang tertutup rapat

Tinggalkan Balasan