Tips Jitu Atasi Rantai Motor Yang Berisik

Tips Jitu Atasi Rantai Motor Yang Berisik

Diposting pada

Tips Jitu Atasi Rantai Motor Yang Berisik

warungbiker.com – Bro sekalian, memasuki musim hujan seperti saat ini, rantai sepeda motor biasanya akan lebih sering mengeluarkan suara berisik.

Sudah pasti hal tersebut cukup mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara.

Suara berisik pada rantai motor ini terdengar biasanya karena rantai dalam kondisi kotor, kering atau kaku.

Kalau kotoran tidak segera dibersihkan, maka yang terjadi tidak hanya munculnya suara berisik, tapi rantai juga bisa rusak akibat kotoran yang menumpuk sehingga mempercepat tingkat keausan.

Juni Kristanto, Kapala Bengkel AHASS Agung Putra Kediri mengatakan, Pemilik dapat melakukan perwatan dengan mudah, cukup membersihkan rantai dan setelahnya memberinya pelumas.

Pelumasan pada rantai motor itu penting dan sangat disarankan untuk dilakukan setiap minggu kalau sepeda motor tersebut digunakan setiap hari, terlebih di musim hujan.

Berikut langkah pembersihan dan pelumasan rantai motor yang tepat.

  • Semprot rantai dengan cairan penetran atau pembersih kotoran dan diamkan sesaat
  • Setelah itu, bersihkan rantai motor dengan sikat gigi yang tidak terpakai. Akan lebih baik lagi jika menggunakan sikat khusus yang diperuntukan untuk membersihkan rantai motor.
  • Semprotkan lagi rantai dengan cairan penetran untuk kembali membersihkan kotoran yang masih tersisa setelah disikat
  • Terakhir, Semprotkan chain lube di mata gear dan rantai secara merata.

Ingat, jangan sekali-kali memakai oli bekas untuk melumasi rantai, karena oli bekas mengandung kotoran yang dihasilkan dari proses pelumasan di mesin. Oli bekas juga bisa membuat debu dan kotoran menempel di rantai.

Bagaimana kalau rantai masih berisik?

Masih kata Juni Kristanto, Kalau rantai masih berisik padahal sudah dibersihkan dan dilumasi, maka perlu dilakukan penyetelan kembali karena bisa jadi rantai kendur atau bisa jadi aus sehingga perlu dilakukan penggantian.

Soal ini, ada baiknya diserahkan ke AHASS agar ditangani mekanik yang berkompeten di bidangnya.

Tinggalkan Balasan