Tips Mudah Ganti Aki Motor

Tips Mudah Ganti Aki Motor

Diposting pada

warungbiker.com – bro sekalian, Gaya hidup baru di rumah kadang membuat kita  lupa untuk melakukan pengecekan kondisi motornya.

Sepeda motor yang lama tidak digunakan berpotensi mengalami masalah aki.

Kondisi ini mengharuskan motor untuk dilakukan perawatan secara berkala.

Namun sebenarnya kita tidak perlu repot lagi karena untuk mengganti aki bisa dilakukan secara mandiri di rumah.

Berikut adalah tips cara mengganti aki di rumah seperti yang dibagikan oleh tim servis PT Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha Jatim), khususnya untuk Yamaha Mio S:

  1. Siapkan peralatan seperti obeng plus ukuran sedang dan avometer
  2. Buka bagasi
  3. Buka 2 skrup battery cover dengan obeng
  4. Ukur tegangan baterai dengan avometer, pastikan tegangan standar ada pada 12,4 volt. Jika tegangan aki berada di bawah 12,4 volt, maka sudah waktunya melakukan pengecasan aki
  5. Jika sudah dicas tapi tegangan tetap di bawah standar, maka sudah waktunya melakukan penggantian aki dengan aki yang baru.
  6. Lepas aki aki lama dengan cara melepas baut kutub negative terlebih dahulu dilanjutkan dengan melepas kutup positif aki.
  7. Dengan aki baru dari Yamaha, pasang baut kutub positif aki  terlebih dahulu dan pastikan sudah terpasang dengan baik. Lakukan hal yang sama pada baut kutub negatif aki

Untuk membeli aki atau suku cadang lain dari Yamaha saat ini juga semakin mudah.

Dengan mengunjungi Yamaha Parts di Tokopedia dan Blibli.com, konsumen bisa langsung membeli suku cadang asli dari Yamaha yang dibutuhkan.

“Selain itu, saat ini konsumen juga bisa menggunakan layanan Servis Kunjung Yamaha atau SKY yang tinggal telpon. Tim kami akan langsung datang serta mengecek kondisi motor dan melakukan servis di tempat,” ungkap Ilham Wahyudi selaku General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim.

Tinggalkan Balasan