Yamaha Jatim Berbagi Tips Mengatur Emosi Ketika Berkendara Motor

Yamaha Jatim Berbagi Tips Mengatur Emosi Ketika Berkendara Motor

Diposting pada

warungbiker.com – brosis sekalian, emosi menjadi suatu hal yang tidak dapat dihindarkan dari manusia.

Emosi merupakan sebuah luapan perasaan akibat adanya respon dari suatu kejadian.Emosi inilah yang menentukan perasaan senang, sedih, cemas, dan marah.

Jadi, adanya pemikiran bahwa emosi sama dengan marah adalah salah besar. 

Bagi pengendara motor emosi dapat sangat berbahaya, karena perasaan marah dan cemas akan membubarkan konsentrasi ketika mengemudi dan bisa membahayakan diri sendiri atau orang lain.

Terkadang, hati sudah senang dan bahagia, tapi ada pengguna jalan lain yang membuat kita kesal karena perilaku mereka. Rasa kesal ini juga pada akhirnya bisa membahayakan diri kita sendiri.

Pasti banyak dari kalian yang merasakan hal tersebut, maka dari itu PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha Jatim) akan berbagi tips cara mengatur emosi ketika berkendara supaya selamat sampai tujuan.

Cara-cara ini disampaikan oleh pakar emosi  yakni Dimas Alwin yang menjadi bintang tamu di acara Live Ngobras Yamaha Friends pada Kamis lalu. 

1.       Sediakan me time (waktu menyendiri)

Ketika sudah merasakan emosi negatif seperti kesal dan marah, maka pengendara harus berhenti terlebih dahulu. Menyendiri sambil menenangkan pikiran dan hati.

2.       Bercerita dengan orang lain

Ada sebagian orang yang harus meluapkan kesalnya baik secara verbal maupun non verbal. Seperti menelpon teman atau bercerita kepada orang yang dibonceng. Jika sedang berkendara sendiri, menepi lah untuk menghubungi orang terdekat. 

3.       Relaksasi atau meditasi

Ketika benar-benar kesal dan marah maka ada baiknya melakukan relaksasi. Seperti mampir ke minimarket terdekat membeli makanan atau minuman favorit untuk memperbaiki mood sambil melakukan tarikan nafas teratur ala meditasi secara perlahan-lahan hingga memunculkan emosi positif.

4.       Beribadah

Ibadah adalah salah satu cara yang mujarab dalam mengatur emosi negatif. Berkomunikasi dengan Tuhan dipercaya oleh sebagian orang beragama dapat menenangkan hati dan pikiran.

Berkendara motor membutuhkan banyak aspek untuk selamat sampai tujuan, mulai dari perlengkapan safety riding, wajib memiliki SIM, memakai helm berstandart SNI dan konsentrasi.

Manager Promosi Yamaha Jatim, William Saputra mengatakan bahwa berkendara motor harus diisi dengan hati yang tenang agar pikiran bisa fokus dan konsentrasi di jalan.

Jadi buat kalian yang sering susah mengatur emosi saat berkendara bisa ikuti empat cara diatas. Terimakasih, semoga berguna

Tinggalkan Balasan