Tips Merawat Drive Belt Motor

Yamaha

Tips Merawat Drive Belt Motor

WARUNGBIKER.COM – Tips Merawat Drive Belt Motor

Bagi kalian yang keseharian menggunakan motor skutik, pastinya tidak asing dengan part bernama drive belt.

Yups, drive belt ini bersfungsi meneruskan putaran dan tenaga mesin ke roda belakang.

Piranti ini mempunyai fungsi layaknya rantai pada sepeda motor berjenis cub maupun sport.

Drive belt pada motor skutik, merupakan bagian dari sistem penggerak CVT (Continuously Variable Transmission) yang mempunyai fungsi sangat penting.

Jika Drive belt putus, maka bisa motor skutik kalian tidak dapat dikendarai.

Karena mempunyai fungsi yang cukup penting, ada baiknya pengguna memperhatikan kondisi drive belt agar tetap awet dan bekerja maksimal.

Mitra Pinasthika Mulia (MPM Hond Jatim) selaku main dealer sepeda motor Honda di Jatim-NTT memberikan tips mudah merawat Drive Belt Motor yang dibagikan via kanal instagram @mpmhondajatim.

Tips Merawat Drive Belt Motor

  1. Selalu periksa secara rutin ruang CVT (Continuously Variable Timing) setiap 8.000 km. Lakukan juga pemeriksaan visual pada kondisi ban penggerak (Drive Belt) terhadap keretakan.
  2. Bersihkan ruang CVT beserta komponen yang terdapat di dalamnya tersebut seperti Roller, Pully Driven, Pully Driver serta Drive Belt dari debu dan kotoran dengan menggunakan air compressor dan part cleaner.
  3. Agar performa Drive Belt berjalan dengan sempurna, lakukan penggantian Drive Belt setiap 24.000 km juga komponen CVT lainya seperti Roller sesuai dengan masa pakainya.

Ada baiknya, saat melakukan penggantian komponen CVT kita serahkan kepeda bengkel resmi agar mekanik tersertifikasi yang menangani.

Namun, jika memungkinkan dan memiliki kemampuan dalam bidang perawatan skutik serta memiliki perkakas yang sesuai, tidak ada salahnya untuk melakukan perawatan bahkan penggantian drive belt sendiri.

Last, Itulah beberapa poin yang bisa kita ikuti agar Drive Belt motor skutik tetap awet dan bekerja maksimal. Terimakasih, semoga berguna.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: