Tips Merawat Rantai Sepeda Motor

Yamaha

WARUNGBIKER.COM – Tips Merawat Rantai Sepeda Motor

WARUNGBIKER.COM – Tips Merawat Rantai Sepeda Motor

Seperti halnya Drive Belt pada motor skutik, Rantai sepeda motor punya fungsi sama yakni meneruskan putaran dan tenaga mesin ke roda belakang.

Sepeda motor berjenis cub dan sport yang menggunakan rantai roda.

Jika Rantai putus, tentu saja motor tidak dapat dikendarai.

Karena mempunyai fungsi yang cukup penting, ada baiknya pengguna memperhatikan kondisi rantai sepeda motor agar tetap awet dan bekerja maksimal.

Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) selaku main dealer sepeda motor Honda di Jatim-NTT memberikan Tips Merawat Rantai Sepeda Motor yang dibagikan via kanal instagram @mpmhondajatim.

Tips Merawat Rantai Sepeda Motor

Pengguna sepeda motor sangat perlu memperhatikan kualitas rantai roda sepeda motor kesayangannya agar kondisinya selalu prima.

Perawatan ataupun pengecekan rantai roda di sarankan rutin di lakukan setiap periode 4.000 km.

1. Kenali Bagian Rantai

Mengetahui bagian-bagian dari rantai merupakan salah satu langkah awal untuk mengetahui letak pemberian pelumas pada rantai sekaligus pengecekan kualitas rantai.

Pengguna sepeda motor perlu memastikan roller link dapat berputar 180 derajat.

2. Jarak Main Bebas

Jika kekenduran melebihi batas jarak main bebas yang terdapat pada stiker, sebaiknya di lakukan setel kekencangan atau dapat di bawa ke bengkel resmi terdekat.

3. Keausan rantai

Pada prisipnya rantai sepeda motor yang bekerja dan bergesekan dengan bagian lainnya akan mengalami keausan, sehingga butuh perawatan yang rutin.

Merawat rantai sepeda motor merupakan salah satu hal penting hal sebagai langkah memperpanjang umur rantai dan menghindar kemungkinan lepas dari gear set.

Ada baiknya, saat melakukan penggantian rantai kita serahkan kepeda bengkel resmi agar mekanik tersertifikasi yang menangani.

Namun, jika memungkinkan dan memiliki kemampuan dalam bidang perawatan skutik serta memiliki perkakas yang sesuai, tidak ada salahnya untuk melakukan perawatan bahkan penggantian rantai sepeda motor sendiri.

Last, Itulah beberapa poin yang bisa kita ikuti agar Rantai Sepeda Motor tetap awet dan bekerja maksimal. Terimakasih, semoga berguna.

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: