Honda PCX 160

Honda Luncurkan PCX160, Power & Torsi Meningkat

Diposting pada

warungbiker.com – brosis, Honda jepang secara resmi merilis Honda PCX160 pada 8 Desember 2020. Ini adalah generasi terbaru dari Honda PCX dengan mengusung beberapa perubahan yang cukup banyak. Perubahan tersebut meliputi mesin, rangka, ukuran velg hingga fitur.

Honda PCX160 masih mengusung garis desain dari PCX terdahulu, hanya saja sudah disematkan mesin generasi terbaru eSP+.  Secara teknis, mesin ini punya dimensi Bore x Stroke : 60,0×55,5 mm yang dengan Rasio Kompresi 12:1.

Mesin eSP+ yang telah dibekali dengan 4 klep ini mampu memuntahkan  Power Maksimum 12 kW ( 15,8 hp ) @8.500 rpm dengan Torsi Maksimum 15 Nm @ 6,500 rpm.

Tentu saja kailan power dan torsi lebih tinggi dari PCX generasi sebelumnya yang hanya menghasikan Power Maksimum 10,8 kW  dan torsi Maksimum 13,2 N.m.

Tidak heran jika Honda fokus pada peningkatan power mesin, karena selama ini performa Honda PCX banyak dikeluhkan pengguna, terlebih lawan terdekatnya yakni Yamaha All New Nmax memiliki power yang cuku besar yakni 15,1 hp @8.000 rpm dengan torsi 13,9 Nm @6.500 rpm.

Selain mesin, honda juga menyematkan Honda Selectable Torque Control atau HSTC untuk keamaan berkendara.  

HSTC berfungsi untuk mendeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran antara ban depan dan belakang. Fitur ini sangat berguna apalagi jika medan/ jalanan yang dilalui dalam keadaan basah, sehingga menghindari ban slip atau memutar saat hujan atau jalan licin.

Perubahan lain menyasar pada rangka yang diperbaharui, modelnya lebih simple namun dengan material yang lebih kuat. Perubahan rangka ini memberikan keleluasaan Honda untuk meningkatkan  kapasitas bagasi yang pada PCX lama sebesar 28,8 liter manjadi 30 liter pada PCX160.

Panel meter pada Honda PCX160 tampil semakin atraktif dengan MID yang lengkap, seperti informasi penunjuk kecepatan, realtime fuel consumption, indicator HSTC, ISS, hingga daya aki saat low.  

Desain velg dan ukuran juga mengalami perubahan. Roda belakang menggunakan velg berukuran Ring 13” dibalut dengan ban berukuran 130/70 sedangkan untuk roda depan  menggunakan velg berukuran Ring 14” dibalut dengan ban berukuran 110/70. Ukuran roda PCX160 ini mengingatkan kita pada ukuran roda Honda ADV150 yang beredar di tanah air.

Peranti pengereman menggunakan cakram depan dan belakang layaknya PCX150 di Indonesia. Sudah dilengkapi dengan rem ABS, hanya saja single channel untuk bagian depan saja.

Untuk kebutuhan pengisian daya gadget, Honda PCX160 sudah dilengkapi dengan port USB di konsol box depan bagian kiri.

Honda PCX160  tersedia dalam 4 pilihan warna yakni Candy Raster Red, Matt Dim Gray Metallic, Poseidon Black Metallic dan Pearl Jasmine White. Generasi terbaru PCX ini  dipasarkan dengan harga 407.000 yen, jika dikonversikan ke rupah setara dengan 55 jutaan.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan